Amankan Natal dan Tahun Baru di Sulawesi Tengah, TNI Kerahkan Seluruh Kekuatan

Komandan Korem 132/Tadulako, Brigadir Jenderal TNI Farid Makruf, bersama Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Baco Dg Palabbi, dan Wakil Kepala Polda Sulawesi Tengah, Brigadir Jenderal Polisi Hery Santoso, memberi keterangan di salah satu pos pengamanan di Palu, di Palu, Kamis malam (24/12/2020) – Foto Ant

PALU – Jajaran TNI yang ada di wilayah Sulawesi Tengah mengerahkan seluruh kekuatan personelnya, untuk membantu pengamanan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Kami dari TNI mengerahkan segala kemampuan untuk mendukung kepolisian, jadi kami sudah kerahkan seluruh personel kami untuk berpatroli gabungan, kemudian menjaga beberapa daerah yang kami anggap rawan,” kata Komandan Korem 132/Tadulako, Brigadir Jenderal TNI Farid Makruf, di Palu, Kamis (24/12/2020).

TNI mengantisipasi gerakan-gerakan terduga teroris sipil bersenjata dari kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso, pimpinan Ali Kalora. “Kami juga mengantisipasi kemungkinan gerakan dari kelompok DPO MIT Poso yang biasanya pada Desember menjelang Natal mereka membuat apa yang disebut amaliah. Sudah kami waspadai, sudah kami jaga semua,” katanya.

Ia berharap, ada bantuan dari masyarakat setempat untuk mencegah terjadinya aksi teror. Apabila ada informasi terkait dengan keberadaan kelompok terduga teroris tersebut, warga diminta untuk segera melapor kepada TNI, bukan disebar di media sosial. Kalau disebar di media sosial, itu meresahkan. Infokan ke kami saja dan bisa dipertanggungjawabkan, maka kami akan segera adakan pengejaran, penangkapan dan sebagainya,” ujarnya.

Aparat disebutnya, saat ini mengerahkan semua kekuatan untuk mendukung, menjaga, dan mengamankan perayaan Natal. “Harapan kami, perayaan Natal tahun ini bagi saudara kita Kristiani dapat berlangsung secara aman dan damai,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...