Lebaran CDN

Antisipasi Erupsi Ili Lewotolok, PVMBG Tambah Alat Pendeteksi

JAKARTA — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menambah alat monitoring gempa pendeteksi tekanan di Gunung Ili Lewotolok yang berada di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Pemasangan alat itu kita lakukan beberapa minggu yang lalu,” kata Kepala Bidang Migitasi Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan saat diskusi virtual yang dipantau di Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Tidak hanya Gunung Ili Lewotolok, PVMBG juga melakukan sejumlah pemeliharaan alat dan pemantauan secara rutin di beberapa gunung api yang aktif.

Kemudian, PVMBG juga mengirimkan tim ke gunung-gunung yang berpotensi erupsi hingga 31 Desember 2020. Kegiatan yang sama juga akan dilakukan PVMBG terutama pada gunung-gunung yang berada pada level siaga.

Secara umum, kata dia, peristiwa atau aktivitas gunung api di Indonesia sepanjang 2020 tidak ada menimbulkan korban jiwa. Namun, sebagian masyarakat terpaksa mengungsi guna memitigasi potensi bencana yang lebih besar.

Masyarakat yang mengungsi tersebut yakni bermukim di sekitar Gunung Sinabung, Sumatera Utara, Gunung Merapi, Gunung Semeru dan Gunung Ili Lewotolok.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan sejumlah upaya mitigasi gunung api yang akan dilakukan oleh PVMBG yakni penyelidikan atau penelitian gunung api, pemetaan geologi dan pemetaan kawasan rawan bencana.

Selanjutnya, peringatan dini bahaya gunung api, instalasi peralatan, optimalisasi peralatan, penyuluhan bencana gunung api, tanggap darurat letusan gunung api, penyelidikan pascaletusan, semburan lumpur dan air panas. (Ant)

Lihat juga...