Antisipasi Kemacetan, Polres Lamsel Alihkan Truk ke Jalan Lintas Sumatera

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Kepolisian Resort Lampung Selatan melalui Satuan Lalu Lintas melakukan antisipasi kemacetan saat libur tahun baru dengan menganjurkan sejumlah kendaraan via tol keluar via jalan lintas Sumatera.

Kasatlantas Polres Lampung Selatan, AKP Edwin Widya Dirotsaha Putra saat dikonfirmasi terkait persiapan arus balik libur tahun baru, Rabu (30/12/2020). Foto: Henk Widi

Kasatlantas Polres Lampung Selatan, AKP Edwin Widya DP saat dikonfirmasi menyebut telah melakukan antisipasi. Sejumlah posko pengamanan, pelayanan sebut AKP Edwin Widya DP telah disediakan pada pintu keluar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Koordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung dilakukan dengan menyiapkan sistem pengaturan pada pintu tol. Kendaraan diprioritaskan meliputi mobil pribadi dan angkutan umum, sementara sejumlah truk dan kendaraan ekspedisi telah disiapkan kantong parkir rest area.

Antisipasi kemacetan di pintu masuk pelabuhan Bakauheni, sejumlah kendaraan via tol akan diarahkan ke Jalinsum. Akses JTTS dari arah Palembang tujuan Lampung pada sejumlah titik akan dipantau oleh setiap Polsek yang memiliki akses pintu masuk dan keluar tol. Sejumlah akses yang jadi perhatian di antaranya Natar, Lematang, Sidomulyo, Kalianda dan Bakauheni.

“Saat terjadi stagnasi di pintu masuk pelabuhan Bakauheni kendaraan diprioritaskan bagi kendaraan penumpang, selebihnya dari kendaraan ekspedisi bisa dikeluarkan melalui Jalinsum mencegah kemacetan,” terang AKP Edwin Widya DP saat dikonfirmasi Cendana News di Bakauheni, Rabu (30/12/2020).

Sebanyak 53 personel Satlantas Polres Lamsel sebut AKP Edwin Widya DP telah disiagakan pada titik. Sejumlah titik yang berpotensi menimbulkan kemacetan pada jalur masuk objek wisata disiapkan petugas. Titik yang disiagakan petugas tersebut meliputi pertigaan objek wisata pantai Sebalang, Kalianda Resort, Pasir Putih. Meski sejumlah objek wisata ditutup antisipasi kepadatan lalu lintas tetap dilakukan.

Koordinasi dengan pihak ASDP Bakauheni sebut AKP Edwin Widya DP dengan pendataan manisfest penumpang. Sesuai dengan prediksi jumlah penumpang yang belum kembali ke pulau Jawa dan Sumatera masih cukup banyak. Diprediksi penumpang dengan kendaraan akan kembali ke pulau Jawa pada Sabtu (2/1/2021) hingga Minggu (3/1/2021).

“Kantong parkir pada sejumlah rumah makan dan rest area telah disiapkan untuk antisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas,” cetusnya.

Peduli pada kesehatan bagi para pengendara, Kasatlantas menyebut membagikan masker. Pembagian masker dilakukan oleh personil Satlantas bagi pengemudi truk dan kendaraan roda dua.

Pantauan Cendana News arus kendaraan jelang akhir tahun di pelabuhan Bakauheni terpantau ramai lancar. Sejumlah loket pelayanan kendaraan terlihat lengang tanpa antrean. Penerapan sistem pembelian tiket memakai aplikasi Ferizy yang dibeli secara online memudahkan pengguna jasa.

Harsono, salah satu pengendara asal Jambi tujuan Banten menyebut sempat kebingungan. Sebab ia masih mempergunakan uang elektronik dari bank swasta. Sesampainya di pelabuhan Bakauheni ia harus membeli tiket secara online. Beruntung ada sejumlah penjual tiket online yang siaga di pintu masuk pelabuhan Bakauheni. Sebagian pengendara yang tidak memiliki tiket secara online memilih membeli melalui penyedia aplikasi meski dengan harga lebih mahal.

Lihat juga...