Antisipasi Longsor, KAI Divre III Siagakan Alat Berat

Pekerja menggunakan alat berat, untuk membersihkan material tanah longsor yang menimbun jalur kereta api di KM 231+01 Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (23/11/2020) silam – Foto Dok Ant

PALEMBANG – PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Sumatera Selatan (Sumsel), menyiagakan alat berat di sejumlah lokasi. Hal itu untuk mengantisipasi potensi terjadinya bencana longsor.

Manajer Humas PT KAI Regional III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, alat berat disiagakan di Stasiun Ujan Mas, Stasiun Muara Enim, Stasiun Lahat, dan Stasiun Tebing Tinggi. “Kami siagakan alat berat seperti mesin pemadat tubuh rel (Mesin MTT dan mesin PBR), eskavator dan alat berat lainnyta,” kata Aida, Minggu (20/12/2020).

Aida mengatakan, sejauh ini PT KAI telah memetakan kawasan rawan longsor seperti di jalur petak jalur Niru-Penimur (Muara Enim), dan Muara Saling-Tebing Tinggi (Empat Lawang). Jalur yang perlu diwaspadai juga berada di antara Stasiun Ujan Mas dan Stasiun Belimbing (Muara Enim), karena melintasi perbukitan, sehingga sangat rentan amblas di musim hujan.

Lihat juga...