Antisipasi Lonjakan Pasien Corona, Pemkot Tangerang Siapkan Hotel Siti

TANGERANG  – Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menyiapkan Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) di Hotel Siti Karawaci yang khusus menangani pasien COVID-19 dengan status Konfirmasi Tanpa Gejala (KTG).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Liza Puspadewi di Tangerang, Sabtu, mengatakan RIT yang disiapkan saat ini memiliki kapasitas sebanyak 82 tempat tidur. Hal ini dilakukan oleh Pemkot Tangerang sebagai antisipasi terjadinya lonjakan pasien COVID-19.

“Sebagai bagian dari persiapan mengantisipasi lonjakan pasien maka Pemkot Tangerang menyiapkan Rumah Isolasi Terkonsentrasi di Hotel Siti yang khusus bagi pasien konfirmasi tanpa gejala,” kata dr Liza Puspadewi.

Selain Hotel Siti yang dipergunakan sebagai tempat isolasi, Pemkot Tangerang sebelumnya juga telah menyiapkan fasilitas lainnya yakni tiga puskesmas dan satu lokasi yakni Rumah Perlindungan Sosial (RPS). Keempat fasilitas tersebut saat ini masih dipergunakan.

“Sehingga jika dijumlahkan untuk lima lokasi fasilitas isolasi bagi pasien COVID-19 di Kota Tangerang adalah memiliki 262 tempat tidur,” katanya menambahkan.

Kemudian Dinas Kesehatan Kota Tangerang juga telah menyiapkan tenaga medis, nutrisionis serta tenaga administrasi sebanyak 30 orang yang bertugas untuk melakukan pelayanan di seluruh tempat fasilitas isolasi.

“Kita siapkan juga tenaga medisnya,” ujarnya.

Sementara itu berdasarkan pedoman pencegahan dan pengendalian COVID-19 revisi ke-5, seluruh pasien yang terkonfirmasi positif COVID1-9 akan menjalani perawatan selama 10 hari terhitung mulai dilakukannya uji RT PCR COVID-19. (Ant)

Lihat juga...