Arsenal Petik Kemenangan di Markas Brighton 1-0

JAKARTA — Alexandre Lacazette memainkan peranan supersub ketika Arsenal sukses melanjutkan momentum positif mereka dengan memetik kemenangan 1-0 di markas Brighton & Hove Albion, Stadion Amex, dalam laga pekan ke-16 Liga Inggris pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Lacazette yang baru beberapa detik memasuki lapangan menggantikan Gabriel Martinelli, mampu menyelesaikan umpan tarik Bukayo Saka demi memecahkan kebuntuan pada menit ke-66.

Gol itu buah kerja keras Arsenal yang menaikkan level penampilan mereka sejak turun minum setelah tampak kesulitan menciptakan peluang berarti dalam 45 menit pertama pertandingan.

Lima menit memasuki babak kedua, kapten Pierre-Emerick Aubameyang berpeluang membuka keunggulan Arsenal ketika menerima umpan kiriman Saka, tetapi sepakan jarak dekatnya secara fenomenal mampu dimentahkan oleh kiper Roberto Sanchez.

Lantas pada menit ke-52, Martinelli juga memperoleh peluang ketika berusaha menyelesaikan umpan dari Emile Smith Rowe, sayang tembakan melengkungnya masih melayang tipis di atas mistar gawang.

Sebaliknya, tuan rumah hampir memperoleh keunggulan ketika Joel Veltman mengirim umpan terobosan manis, tetapi kiper Bernd Lona sukses menggagalkan tembakan Davy Proepper pada menit ke-65.

Hanya semenit sesudah peluang yang terbuang itu, Lacazette mampu membawa Arsenal memimpin dan sejak itu tak banyak peluang berarti tercipta hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Hasil itu jadi kemenangan kedua beruntun Arsenal, setelah di tujuh pertandingan sebelumnya berada di kubangan tren nirmenang.

Berkat kemenangan itu, Arsenal merangsek naik ke urutan ke-13 klasemen dengan koleksi 20 poin, sedangkan Brighton (13) merosot ke posisi ke-17, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kedua tim akan kembali merumput pada Sabtu (2/1) akhir pekan ini melakoni pertandingan pembuka tahun 2021. Arsenal bakal bertandang ke markas West Bromwich Albion, sedangkan Brighton menjamu Wolverhampton di Stadion Amex. (Ant)

Lihat juga...