ASDP Bakauheni Percepat Waktu Pelayaran dan Tambahan Loket

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Antisipasi terjadinya penumpukan penumpang di pelabuhan Bakauheni, ASDP lakukan percepatan waktu pelayaran (sailing time) dan pelayanan bongkar muat (port time). Cara tersebut dilakukan meminimalisir antrean di pelabuhan.

Captain Solikin, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang Utama Bakauheni menyebutkan, normalnya sailing time ditempuh selama 120 menit dipercepat menjadi 90 menit. Sementara untuk waktu bongkar muat normalnya sekitar 45 menit dipercepat menjadi 30 menit sesuai kondisi di pelabuhan. Langkah tersebut juga telah dikoordinasikan dengan Balai Pengelola Transportasi (BPTD).

Percepatan sailing time dan port time lanjut Captain Solikin dilakukan agar pengguna jasa tidak terlalu lama menunggu. Meski demikian pelayanan tersebut menyesuaikan kondisi cuaca yang terjadi di Selat Sunda.

“Kedatangan calon penumpang pejalan kaki dan kendaraan asal Sumatera tujuan pulau Jawa yang cepat karena adanya Jalan Tol Trans Sumatera sehingga diperlukan antisipasi percepatan waktu pelayaran lebih cepat dari kondisi normal dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan,” terang Captain Solikin saat dikonfirmasi, Minggu (27/12/2020)

Melayani pengguna jasa saat angkutan libur Nataru sebut Captain Solikin penambahan loket tiket juga dilakukan. Pembelian tiket menggunakan aplikasi Ferizy bagi penumpang yang telah mendapatkan barcode akan melakukan proses pemindaian (scan) di loket yang telah disediakan. Loket yang disediakan sebanyak 7 unit pada kondisi normal ditambah 4 unit saat libur Nataru.

Captain Solikin, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (27/12/2020). Foto: Henk Widi

Selain bagi kendaraan roda empat, loket pelayanan bagi kendaraan roda dua semula 1 unit menjadi 4 unit. Sementara khusus pada loket terminal eksekutif Anjungan Agung disediakan sebanyak 6 unit. Sistem pembelian tiket memakai scan barcode sebutnya menjadi solusi terjadinya antrian di pintu masuk pelabuhan. Sebab kendaraan yang akan naik kapal wajib memiliki tiket elektronik.

Lihat juga...