Bakso Urat Tulang Lunak Lezatnya Bikin Ketagihan

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Kuliner bakso, yang disajikan dengan kuah kental, bisa menjadi pilihan untuk dinikmati di akhir pekan. Salah satu menu bakso yang banyak diminati pecinta kuliner di Lampung adalah, bakso urat tulang lunak Rahayu.

Kuliner olahan daging tersebut dapat ditemui di Jalan Imam Bonjol, Tanjung Karang, Bandar Lampung. Tempatnya ada di jalan utama, sehingga memudahkan pelanggan menuju lokasi. Diki, juru masak bakso Rahayu menyebut, pilihan bahan berkualitas menjadi resep untuk menghasilkan kuliner enak. Bahan utama daging dan urat sapi, digiling dengan dicampur bumbu rempah. Hasilnya, bakso kenyal yang empuk hasil perpaduan tepung sagu dan terigu, menjadikannya dapat dinikmati dengan lezat.

Untuk bakso ukuran besar, Diki memberi tambahan urat yang digiling. Butiran urat digiling bersama rempah rempah lada dan pala. Namun ada pula bakso ukuran besar yang diberi isian telur ayam rebus utuh. Selain itu bakso ukuran kecil murni daging sapi. “Bakso yang akan disajikan terlebih dahulu direbus memakai kuah kaldu yang dihasilkan dari rebusan lemak atau gajih, tulang keras dan tulang lunak, untuk menciptakan sensasi rasa lezat sekaligus jadi penambah rasa,” terang Diki saat ditemui Cendana News, Sabtu (26/12/2020).

Seperti proses penyajian bakso pada umummya, bakso urat tulang lunak disajikan hangat. Diki memiliki dandang khusus untuk merebus kuah, yang menjadi penentu kelezatan saat bakso disajikan. Adanya tulang yang direbus selama enam jam, menjadi penambah aroma khas daging sapi.

Christina (kanan) menikmati bakso urat tulang lunak bakso Rahayu di Jalan Imam Bonjol,Tanjung Karang, Bandar Lampung, Sabtu (26/12/2020) – Foto Henk Widi

Diki setiap hari bisa menyiapkan sekira 300 porsi bakso. Saat akhir pekan, permintaan akan bertambah 100 mangkuk. “Pelanggan kerap minta bakso tanpa tambahan mi kuning dan mi putih, sebagian minta diberi tambahan tulang lunak yang masih memiliki daging,” terang Diki.

Lihat juga...