Bangun Wisata Air Sirahna, Pemkab Garut Gelontor Rp1 Miliar

Bupati Garut, Rudy Gunawan (kanan), meninjau langsung potensi wisata mata air Sirahna di Kampung Corenda, Desa Margaluyu, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) – Foto Ant

GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyiapkan anggaran Rp1 miliar, untuk membantu pengembangan destinasi wisata mata air Sirahna, yang ada di Kecamatan Leles. Pengembangan dilakukan, karena keberadaanya memiliki potensi menjadi wisata unggulan.

Harapannya keberadaan mata air Sirahna dapat membantu pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat. “Kami akan memperkuat minimal Rp1 miliar dari Pemda Garut di 2022,” kata Bupati Garut, Rudy Gunawan, usai meninjau langsung sumber mata air Sirahna di Kampung Corenda, Desa Margaluyu, Kecamatan Leles, Garut, Senin (14/12/2020).

Pemkab Garut disebutnya, terus berupaya mengembangkan potensi wisata yang ada di desa-desa. Harapannya, dapat menjadi destinasi wisata baru, yang dapat bermanfaat untuk menumbuhkan perekonomian warga.

Salah satu destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri salah satunya wisata mata air Sirahna, yang saat ini hanya dijadikan kolam renang dan belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat setempat. “Mata airnya belum dimanfaatkan untuk minum, tapi dimanfaatkan untuk wisata kolam renang dan yang lainnya,” kata Bupati.

Rudy berharap, setelah adanya pengembangan oleh pemerintah daerah, maka objek wisata itu bisa menjadi destinasi wisata air unggulan. Masih banyak yang perlu dikembangkan seperti penanaman pohon, untuk menambah daya tarik wisata. “Di sini kan khasnya adalah bakau, alpukat dan beberapa tumbuhan lain,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...