Beasiswa untuk 845 Mahasiswa Kepulauan Meranti Akhirnya Cair

Ilustrasi mahasiswa sedang megikuti praktik perkuliahan - Foto Ant

KEPULAUAN MERANTI – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau menyatakan, beasiswa bagi 845 orang mahasiswa kurang mampu dan berprestasi di daerah itu, akan cair pada 7 Desember 2020.

Rencana pencairan beasiswa, yang bersumber dari dana hibah pendidikan pemerintah kabupaten itu, disampaikan Kabag Humas Protokol Setda Kepulauan Meranti, Rudi MH, di Selatpanjang, Senin (30/11/2020).

Beasiswa tersebut tertuang dalam Surat Pengumuman Bagian Kesra Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, tentang Penetapan Hasil Verifikasi Penyediaan Bantuan Pendidikan untuk Mahasiswa Program Studi Diploma III, Strata I dan Strata II Tahun Anggaran 2020, katanya. “Semoga dapat meringankan beban orang tua atau wali di tengah pandemi COVID-19,” kata Rudi, Senin (30/11/2020).

Sesuai dengan instruksi Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, beasiswa tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia daerah, sekaligus membantu para mahasiswa dan mahasiswi Meranti yang kurang mampu dan berprestasi.

Surat Keputusan Bupati Kepulauan Meranti Nomor: 402.1/HK/KPTS/ X1I/2020 menyebutkan sebanyak 845 dari 847 orang pemohon ditetapkan sebagai penerima beasiswa. Nama-nama penerima bantuan biaya pendidikan yang dinyatakan lulus seleksi, dapat dilihat pada laman resmi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti di www.merantikab.go.id. “Bantuan biaya pendidikan dengan besaran Rp1 juta bagi mahasiswa D-III, Rp1,2 juta bagi mahasiswa S1 dan Rp1,5 juta bagi mahasiswa S2 itu, akan dikirim ke rekening para penerima oleh Bank Riau-Kepri,” tambahnya.

Dana tersebut adalah jumlah maksimal yang dapat diberikan Pemkab Kepulauan Meranti, mengingat APBD kita tahun ini lebih kecil dari tahun lalu. “Selain itu, ada refocusing anggaran untuk penanganan COVID-19,” jelasnya.

Meski demikian, Rudi berharap dana beasiswa yang akan diterima pada 7 Desember 2020 itu dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan. “Kita berharap mahasiswa menggunakan beasiswa itu sesuai dengan peruntukannya. Dengan begitu, peningkatan kualitas SDM yang menjadi target pemerintah daerah dapat tercapai,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...