Bekerja dan Belajar dari Rumah Dorong Permintaan Monitor PC

JAKARTA — Permintaan kuat yang didorong oleh bekerja dan belajar dari rumah selama pandemi telah membawa pasar monitor PC (personal computer) ke tingkat yang mengesankan pada kuartal tiga 2020.

Volume tumbuh 15,9 persen dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu, menurut perusahaan riset pasar International Data Corporation (IDC) dalam laporannya, dikutip Senin. Pengiriman monitor PC global jauh melampaui ekspektasi di lebih dari 37,5 juta unit.

Sebelum lockdown yang terjadi pada bulan Maret di banyak wilayah, ekspektasi untuk tahun ini tidak terlalu besar setelah kinerja 2019 yang solid yang dipimpin oleh migrasi PC komersial ke Windows 10 yang juga membantu tampilan.

Namun, kecepatan dan urgensi bisnis dan sekolah yang harus beralih ke mode virtual mendorong penggunaan PC, kemudian permintaan wajar untuk monitor. Baik kuartal kedua dan ketiga tahun 2020 pengiriman monitor PC mengalami pertumbuhan tahun-ke-tahun yang solid.

Bahkan ketika volume keseluruhan meningkat secara signifikan, faktor penentu pasar yang telah lama terjadi berubah. Permintaan konsumen mendorong sebagian besar kenaikan baru-baru ini dengan hampir separuh pasar berasal dari ritel, setelah dalam beberapa tahun terakhir segmen bisnis berkontribusi lebih dari 60 persen volume.

Lima pemain teratas menguasai pangsa pasar yang lebih kecil pada kuartal ketiga dibandingkan tahun lalu karena anggaran TI bergeser, dan tingkat hunian kantor tetap rendah.