Belasan TPS di Sulteng Bakal Menggelar Pemungutan Suara Ulang

Seorang pemilih sedang mencari namanya di DPT yang ditempel di salah satu TPS kota Parigi, Kabupaten Parigi Moutong pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah tahun 2020, Rabu (9/12/2020) – Foto Ant

PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyebut, ada sekira 18 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di provinsi tersebut, bakal melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU), pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

“Berdasarkan rekomendasi Panwaslu masing-masing kecamatan, maka dilakukan PSU, karena terdapat pelanggaran lebih dari satu di TPS bermasalah yang dicatat petugas pengawas sebagai kejadian khusus,” kata Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming, Sabtu (12/12/2020).

Atas dasar catatan dari pengawasan tersebut, KPU akan menindaklanjuti rekomendasi dengan menyiapkan segala kebutuhan logistik, khususnya surat suara. Meski begitu, sudah ada sejumlah kabupaten yang akan melaksanakan PSU, seperti Parigi Moutong di TPS 4, Desa Sumber Agung, Kecamatan Mepanga. PSU dijadwalkan berlangsung pada Minggu (13/12/2020).

Namun ada juga yang belum menetapkan waktu pelaksanaan PSU. “Kurang lebih ada tujuh kabupaten melaksanakan PSU berdasarkan kajian pelanggaran oleh Panwaslu,” ujar Tanwir.

Lihat juga...