Belitung Timur Kini Memiliki PLTS Terapung

BELITUNG  – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, diwakili Dirjen Mineral Batu Bara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin, meresmikan operasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung PT Timah Tbk di Kampung Reklamasi Selinsing Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kita mengapresiasi komitmen PT Timah Tbk dalam memaksimalkan lahan bekas tambang untuk meningkatkan ketersediaan energi dan kesejahteraan masyarakat daerah ini,” kata Ridwan Djamaluddin saat meresmikan PLTS terapung PT Timah Tbk di Desa Selinsing, Sabtu.

Ia mengatakan saat ini kesadaran pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat terhadap kepentingan menjaga keberlanjutan alam semakin baik dan pertambangan sering dikritik sebagai industri yang tidak ramah lingkungan.

“Saya berkeyakinan apa yang diciptakan di muka bumi ini ada manfaatnya, tinggal bagaimana kita menggunakan ilmu kita mengelola agar menjadi bermanfaat,” ujarnya.

Ia bersyukur kesadaran masyarakat kita sudah baik terkait reklamasi ini, ini ditandai dengan keterlibatan seluruh masyarakat untuk menjalankan program ini.

“Secara keseluruhan kita berharap kegiatan kick off ini dapat berjalan dengan lancar sehingga delapan project reklamasi ini dapat dilaksanakan,” katanya.

Lihat juga...