Berdayakan Masyarakat, Program DCML Kedungkandang Sentuh Berbagai Sektor Kehidupan

Editor: Mahadeva

MALANG – Sejak ditetapkan sebagai Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Kedungkandang di 2018, berbagai program pemberdayaan telah dihadirkan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) di kelurahan Kedungkandang. Semuanya memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa tersebut.

Tercatat, setidaknya terdapat 10 program pemberdayaan yang telah dihadirkan Damandiri melalui Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri. Mulai dari sektor sosial, ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan.

Pengelola KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Dian Novianti Widiasari menyebut, di 2018 Damandiri telah menghadirkan program simpan pinjam Tabur Puja, yang kini berganti nama menjadi Modal Kita. Selama kurang lebih tiga tahun berjalan, unit Modal Kita kini telah memiliki 1.127 orang anggota. “Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.032 orang anggota sudah pernah melakukan pinjaman, dan sisanya 95 anggota belum pernah mengajukan pinjaman,” sebutnya saat ditemui di kantornya, Sabtu (26/12/2020).

Dana yang dikelola KUD Suluh Sejahtera Mandiri, hingga saat ini terus mengalami peningkatan. Dari pinjaman di awal dengan KBSM sekitar 2,3 Miliar, saat ini omsetnya sudah mencapai 3,56 Miliar. Data tersebut adalah kondisi hingga November 2020.

Program Modal Kita disebutnya, turut mendorong munculnya UKM-UKM baru di kelurahan Kedungkandang. Jika di awal pencanangan DCML Kedungkandang di 2018 jumlah pelaku usaha hanya 590 orang. Saat ini di 2020 jumlahnya sudah berkembang menjadi 1.032 orang pelaku usaha. “Jadi ada penambahan 442 pelaku usaha,” jelasnya.

Manajer Umum KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Agung Hasto Saptono di kantornya, Kamis (24/12/2020). Foto: Dok Agus Nurchaliq

Masih di 2018, Damandiri juga menghadirkan program bedah rumah. Pad awalnya hanya diberikan kepada 10 Kepala Keluarga (KK) penerima, yang kondisi rumahnya tidak layak huni. Lima rumah lokasinya ada di RW 03 dan lima rumah di RW 05. “Jadi total anggaran untuk bedah rumah 250 juta,” ungkapnya.

Lihat juga...