BKPSDM Mataram Usulkan Perekrutan 825 Guru PPPK 2021

MATARAM — Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengusulkan perekrutan 825 guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) tahun 2021.

“Itu khusus untuk guru dan tidak termasuk untuk pegawai yang ada di tata usaha sekolah,” kata Kepala BKPSDM Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati di Mataram, Rabu (16/12/2020).

Ia mengatakan bahwa usul perekrutan tersebut diajukan berdasarkan kebutuhan guru di Kota Mataram.

Menurut Nelly, proses dan tahapan rekrutmen PPPK secara umum sama dengan rekrutmen calon pegawai negeri sipil.

Guru yang lolos seleksi PPPK akan mendapat tunjangan struktural sebagaimana pegawai negeri sipil, namun tidak mendapat tunjangan masa pensiun.

“P3K bekerja dengan sistem kontrak minimal satu tahun dan maksimal lima tahun. Jadi setiap satu atau lima tahun, mereka tanda tangan kontrak kerja,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram H Lalu Fatwir Uzali sebelumnya mengatakan bahwa dinas telah menyiapkan posko konsultasi bagi guru honorer yang akan mengikut seleksi PPPK tahun 2021.

“Posko konsultasi tersebut dibuka setiap hari di bawah koordinasi Kepala Bidang Ketenagaan dan Kelembagaan. Jadi silakan, bagi guru honorer yang merasa kesulitan atau butuh penjelasan terkait seleksi P3K tahun 2021, datang berkonsultasi,” katanya.

Ia mengatakan bahwa semua guru honorer yang memenuhi persyaratan bisa mengikuti seleksi PPPK. “Salah satunya, mereka harus masuk dalam data pokok pendidikan. Jika tidak, maka mereka tidak bisa ikut seleksi,” katanya. (Ant)

Lihat juga...