BNPT-PHDI Bali Perkuat Sinergitas Keberagaman

JAKARTA – Kepala BNPT, Komjen Pol. Boy Rafli Amar, menyambangi pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali di Denpasar, untuk memperkuat sinergitas keberagaman dalam melawan terorisme dan radikalisme. Komjen Pol. Boy Rafli Amar mengatakan, bahwa mengelola keberagaman ini sangat penting bagi BNPT untuk terus membuka ruang komunikasi dengan seluruh tokoh lintas agama.

“Ruang komunikasi dengan tokoh lintas agama itu untuk bersama memberikan sebuah keyakinan, bila melihat fenomena terorisme yang mengatasnamakan agama itu sebuah perbuatan yang tidak benar dan mereka hanya memanipulasi agama untuk tujuan mereka,” katanya dalam keterangan pers yang diterima, Jumat (18/12/2020).

Kepala BNPT Boy Rafli Amar bersilaturahmi dengan pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali di Denpasar, Kamis (17/12), didampingi Sestama Mayjen TNI Untung Budiharto, Kepala Biro Umum Marsma Fanfan Ifansyah, dan Kasubdit Kontra Propagada Kolonel Pas Sujatmiko.

Delegasi BNPT disambut Ketua PHDI Prof. Dr. I Gusti Ngurah Sudiana, pemuda agama Hindu Ida Pedanda Gede Wayahan Wanasari, serta para pengurus PHDI kabupaten/kota se-Bali.

Boy Rafli mengatakan, pada kenyataannya meski perbuatan ini tidak benar, mereka berhasil mengajak banyak orang Indonesia yang kepincut dan berhasil diajak kelompok teroris itu sampai ke luar negeri.

Padahal, di Irak dan Suriah, mereka diajak melakukan tindakan kekerasan yang notabene tidak sama dengan yang diajarkan agama apa pun. Mereka menebar kebencian, melakukan tindakan destruktif, melakukan kekerasan, bahkan pembunuhan.

“Nah, proses propaganda ini masih terjadi, karena itu kami mohon dukungan dari seluruh umat Hindu di Bali dan seluruh Indonesia,” kata mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini.

Ia menegaskan, “kita harus tetap memperteguh keyakinan, bahwa persatuan dan kesatuan adalah nilai-nilai luhur yang diwariskan para leluhur. Kita telah memiliki nilai-nilai kebangsaan yang bagus, memiliki konsensus nasional yang bagus. Itu yang terus dilakukan BNPT agar nilai-nilai bagus ini terpelihara dengan baik.”

Beberapa waktu lalu di Jakarta, kata Boy Rafli, BNPT telah membentuk Gugus Tugas Pemuka Agama Dalam Rangka Pencegahan Terorisme, termasuk tokoh agama Hindu. Artinya, seluruh organisasi keagamaan di Indonesia pada tingkat pusat telah bekerja sama dengan BNPT.

Lihat juga...