Bolu Tape Panggang Kuliner Lembut Pelengkap Hidangan Pesta

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Penganan roti bolu atau disebut bolu jadi salah satu hidangan yang kerap disajikan kala pesta dan acara keluarga. Variasi kue bolu dibuat dengan bahan tambahan sebagai ciri khas seperti tape. 

Dahlia, warga Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan menyebutkan, alternatif olahan bolu memakai tape singkong telah dilakukan olehnya belasan tahun silam. Sebelumnya ia hanya membuat bolu dengan variasi rasa karamel, cokelat dan keju.

Bahan utama pembuatan bolu tape panggang berupa tepung terigu protein sedang, tepung maizena, telur. Selain itu bahan gula pasir, pengembang, vanili, keju dan susu bubuk disiapkan. Bahan tersebut akan dihaluskan memakai alat mixer berupa telur, gula, pengembang hingga mengembang. Secara bertahap bahan tape, terigu, maizena diaduk dengan bahan sebelumnya.

“Pengadukan semua bahan dilakukan secara bertahap agar tercampur sempurna dan lembut, sebab adonan yang tidak tercampur sempurna akan berimbas bolu bantat atau kurang lembut, setelah semua bahan tercampur sempurna siapkan loyang untuk memanggang,” terang Dahlia saat ditemui Cendana News, Sabtu (19/12/2020).

Dahlia bilang jenis tape berasal dari singkong roti bisa jadi pilihan sebab memiliki aroma wangi dan lembut. Sebelum dicampurkan dalam adonan serat bagian dalam pada tape harus dibuang. Penambahan tape akan menghasilkan tekstur lembut dan aroma wangi. Sebab ciri khas yang dihasilkan oleh proses fermentasi menjadikan bolu akan mengundang selera.

Semua bahan yang telah dihaluskan akan dituangkan pada loyang untuk pemanggangan. Sebelum adonan dituang pada loyang, bagian dalam diberi lelehan margarin menghindari adonan menempel. Proses pemanggangan dilakukan memakai oven khusus atau memakai bahan bakar gas. Tekhnik pembuatan bolu agar tidak gosong dilakukan dengan pengaturan panas pada loyang.

“Saat ini ada kompor khusus yang bisa dipergunakan untuk pembuatan bolu memudahkan pembuat kue,” cetusnya.

Proses pemotongan kue bolu tape panggang oleh Rosalinda (kanan) untuk sajian saat pesta di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Sabtu (19/12/2020). Foto: Henk Widi

Tingkat panas oven untuk memanggang kue bolu menurut Dahlia bisa mencapai 175 derajat celcius. Setelah kue bolu tape panggang matang, pisahkan dari loyang dan didinginkan.

Jupri, salah satu penyuka kue bolu menyebut umumnya bolu hanya dibuat dengan varian rasa cokelat. Namun dengan adanya variasi rasa tape menjadikan camilan bolu lebih unik.

“Olahan tape yang biasanya hanya digoreng atau dijadikan pelengkap minuman bisa dijadikan bolu,” cetusnya.

Rosalinda, salah satu penyuka bolu menyebut kreasi memakai tape singkong cukup unik. Kue bolu yang telah dipanggang dengan campuran tape kerap akan ditambahi taburan keju, mesis. Tambahan keju dan mesis yang mengering saat pemanggangan akan menjadi topping yang lezat. Bagi anak anak topping keju dan mesis akan menambah daya tarik.

Kue bolu tape panggang akan lebih lezat disajikan selagi hangat. Sebagai cara menyajikan bolu tape tetap hangat,Rosalinda menyebut menyediakan microwave oven. Alat pemanggang dan pemanas tersebut kerap bisa digunakan untuk memanaskan makanan salah satunya bolu. Disajikan hangat, bolu tape panggang cocok disantap saat musim penghujan dan hidangan pesta.

Lihat juga...