Borussia Dortmund Pecat Lucien Favre

Ekspresi pelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre, saat mendampingi timnya menjamu Duesseldorf dalam laga lanjutan Liga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Sabtu (11/5/2019) - Foto Ant

JAKARTA – Borussia Dortmund, mengumumkan secara resmi pemecatan Lucien Favre dari kursi manajer klub Liga Jerman tersebut, Minggu (13/12/2020).

Pemecatan itu diumumkan, hanya sehari setelah Dortmund menelan kekalahan telak 1-5 dari tamunya, VfB Stuttgart, dalam rangkaian laga pekan ke-11 Liga Jerman. “Kami berterima kasih banyak atas kerja keras Lucien Favre dalam dua setengah tahun terakhir, di mana ia membawa tim ini dua kali menjadi runner-up Liga Jerman,” kata CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, di laman resmi klub, Minggu (13/12/2020).

Selain Favre, asisten pelatih bawaan sang manajer, Manfred Stefes, juga turut dipecat dalam keputusan Dortmund tersebut. “Ini langkah yang sulit. Namun, kami sepakat bahwa target musim ini bakal terdampak hasil-hasil negatif belakangan sehingga harus langkah ini harus ditempuh,” kata Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc.

Asisten pelatih lainnya, Edin Terzic, saat ini dipercaya mengemban tugas sebagai pelatih kepala interim Dortmund hingga akhir musim. Terzic akan didampingi Sebastian Geppert dan Otto Addo sebagai asistennya.

Sejak mengambil alih posisi arsitek tim Dortmund dua tahun silam, Favre telah dua kali membawa klub tersebut finis di posisi kedua di Liga Jerman. Namun, ia kerap dikritik karena tidak mampu membawa klub menjadi kandidat juara dan menjadi tim yang diperhitungkan secara serius. Pria Swiss itu, belakangan ini juga mendapat banyak kritik tajam karena buruknya penampilan tim. Dortmund hanya mampu mendulang satu poin dari tiga pertandingan terakhirnya. (Ant)

Lihat juga...