BPBD DKI Jakarta Siagakan Perahu COVID-19 di Pengungsian Banjir

JAKARTA  – Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, memastikan perahu COVID-19 disiagakan di lokasi pengungsian banjir jika bencana tahunan tersebut kembali terulang di tengah pandemi COVID-19.

“Perahu COVID-19 itu artinya apabila ada yang bergejala atau terindikasi COVID-19 akan ditangani di situ,” kata Sabdo di Lapangan STU Karet Tengsin, Rabu.

Lebih lanjut Sabdo mengatakan nantinya petugas yang menarik perahu atau bertanggung jawab mengangkut warga yang terindikasi COVID-19 itu dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

APD yang diberikan kepada petugas itu berfungsi untuk menghindari potensi penyebaran COVID-19.

“Kita sudah lakukan pemetaan untuk perahu-perahu COVID-19 itu, di tiap pengungsian nanti ada sekitar 5-10 perahu dengan petugas yang pakai APD,” ujar Sabdo.

Pengungsian bagi warga yang terdampak banjir sudah disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta di lima wilayah kota, tiap kelurahan di DKI Jakarta memiliki Kampung bernama Kampung Tangguh Bencana yang telah dilatih untuk menanggulangi bencana seperti banjir secara mandiri.

Mulai awal Desember 2020, Kampung- Kampung Tangguh Bencana itu melakukan simulasi penanganan banjir yang diperkirakan terjadi pada pergantian tahun.

Protokol kesehatan menjadi salah satu prioritas yang diutamakan di pengungsian-pengungsian banjir di Ibu Kota imbas dari masih adanya pandemi COVID-19.

“Kampung Tangguh Bencana ini bentuk kesiap siagaan kita untuk penanganan bencana banjir,” ujar Sabdo. (Ant)

Lihat juga...