Brazil Tawarkan Vaksin COVID-19 Secara Gratis untuk Rakyat

BRASILIA/RIO DE JANEIRO — Pemerintah Brazil akan menawarkan vaksin COVID-19 kepada semua warga Brazil secara gratis saat regulator kesehatan Anvisa memberikan persetujuan ilmiah dan hukum, Presiden Jair Bolsonaro mengatakan, Senin (7/12).

Dalam unggahan di Twitter, Bolsonaro juga mengatakan kementerian ekonomi telah meyakinkannya bahwa tidak akan ada kekurangan sumber daya untuk memberikan vaksin kepada semua orang yang menginginkannya.

“Setelah disertifikasi oleh @anvisa_oficial (pedoman ilmiah dan aturan hukum), @govbr akan menawarkan vaksin untuk semua, gratis dan tidak wajib,” cuit Bolsonaro.

Cuitan Bolsonaro muncul segera sebelum presiden pusat biomedis Institut Butantan Sao Paulo, Dimas Covas, mengatakan semua data yang diperlukan untuk vaksin CoronaVac yang dikembangkan oleh China Sinovac Biotech Ltd telah atau akan segera dikirim ke regulator kesehatan Anvisa.

Dia mengharapkan Anvisa menyetujuinya, terlepas dari badai politik antara Bolsonaro dan Gubernur Sao Paulo Joao Doria mengenai vaksin yang bersaing.

“Saya ingin berpikir bahwa tidak ada masalah politik yang lebih besar dari kehidupan masyarakat,” kata Covas dalam wawancara dengan GloboNews.

Lihat juga...