Brownies Kukus Baluran Coklat yang Menggugah Selera

Editor: Mahadeva

Tampilan brownies baluran coklat ala Nenden Pupu, Ibu Rumah Tangga asal Pondok Labu, Jakarta Selatan, Sabtu (26/12/2020) - Foto Amar Faizal Haidar

JAKARTA – Ingin menikmati brownies lezat, tidak selalu harus membelinya ke toko mewah. Juga tidak harus mengeluarkan dana yang besar untuk mendapatkannya.

Nenden Pupu, Ibu Rumah Tangga asal Pondok Labu, Jakarta Selatan berbagi resep cara membuat brownies baluran coklat yang menggugah selera dengan Cendana News. Menurut Nenden, untuk membuat brownies dibutuhkan bahan-bahan antara lain dua butir telur, lima sendok makan tepung terigu, dua saset susu kental manis coklat, dua bungkus coklat bubuk, lima sendok makan gula, dan satu bungkus seres, soda kue, dan dua sendok minyak.

“Pertama, kocok telur bersama gula hingga mengembang. Nggak perlu sampai telur berubah warna menjadi putih, cukup sampai gula pasirnya halus. Bisa dikocok secara manual, bisa pula menggukan mixer,” kata Nenden, saat ditemui di kediamannya, di Pondok Labu, Jakarta Selatan (26/12/2020).

Setelah semua tercampur, tambahkan soda kue dan tepung, sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Lalu Campurkan coklat bubuk dan susu kental manis yang telah dicairkan dengan sedikit air, dan diaduk hingga rata. “Selanjutnya masukin minyak goreng dan aduk lagi sampai rata, biar brownisnya ngga lengket di cetakan. Setelah itu, masukkan ke cetakan dan kukus hingga matang, sekitar 30 menit,” jelas Nenden.

Apabila brownies telah selesai dikukus, baluri susu coklat kental manis di seluruh sisi brownies, kemudian ditumpahkan seres di atasnya. Brownies pun siap dihidangkan. “Mudah banget kan. Kira-kira biayanya cuma Rp50.000. Bisa dimakan untuk sekeluarga. Dan termasuk awet, bisa bertahan sampai lima hari,” tandas Nenden.

Faisal, sang Suami mengaku sangat menggemari brownies karya Istrinya. Beruntungnya, selama masa pandemi, Nenden lebih sering membuat brownies lumer coklat tersebut. “Kalau ada itu, lebih betah di rumah. Apalagi kalau dimakan sama teh hangat. Nikmat banget. Cuma ya jangan berlebihan, karena itu gurih dan manis banget, bisa bikin eneg,” tandas Faisal.

Lihat juga...