Lebaran CDN

Budidaya Mina Padi di Bantul Diharap Dikembangkan Berkelanjutan

BANTUL —  Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengharapkan kegiatan budidaya sistem mina padi atau usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air sawah ditanami padi sebagai kolam dapat dikembangkan secara berkelanjutan.

“Saya berharap agar budidaya mina padi ini dapat dikembangkan secara berkelanjutan, karena keuntungan ganda yang akan didapat petani,” kata Bupati Bantul Suharsono disela panen raya perdana kegiatan budidaya ikan bersama padi (mina padi) di Polaman Desa Argorejo, Bantul, Selasa (29/12/2020).

Menurut dia, keuntungan ganda yang didapat itu yakni bisa panen padi dengan kualitas organik yang saat ini digemari masyarakat dengan harga yang cukup tinggi serta panen ikan yang dapat meningkatkan gizi masyarakat.

Oleh karena itu, kepala daerah meyakini bahwa budidaya sistem mina padi akan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan penghasilan petani.

“Untuk itu, saya juga berharap budidaya sistem mina padi ini akan dapat kita kembangkan menjadi agrowisata, sehingga akan lebih dapat meningkatkan pendapatan para petani,” katanya.

Bupati mengajak para petani senantiasa mengembangkan ilmu yang dimiliki dan terus menggalakkan sistem mina padi, dan melalui kegiatan panen perdana mina padi ini dapat menginspirasi para petani di Bantul, sehingga semakin banyak petani Bantul yang ikut aktif dalam mengaplikasikan mina padi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Yus Warseno mengatakan, kegiatan panen raya perdana budidaya mina padi oleh kelompok Sedyo Makmur, Polaman Argorejo ini merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Besar Budidaya Air Payau Sukabumi.

“Dengan harapan agar hasil panen ikan nila dapat menambah pendapatan para petani, dan menjadi contoh para petani lain di Bantul pada khususnya dan daerah lain, bahwa pada masa pandemi COVID-19 ini untuk kesehatan sangat diperlukan protein hewani yang murah dan mudah dibudidayakan,” katanya.

Dia mengharapkan, kegiatan usaha mina padi ini dapat terus berkelanjutan mengingat potensi pertanian lahan sawah di Kabupaten Bantul sangat luas, dengan irigasi teknis yang memadai serta sumber air yang mencukupi. (Ant)

Lihat juga...