Cacing Laris Manis di Tengah Tren Budi Daya Cupang

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Di tengah meningkatnya tren budi daya ikan cupang, cacing sutra dan juga kutu air (kutir) juga ikut laris manis di pasaran. Dua hewan tersebut merupakan jenis makanan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh cupang.

Toriq, pedagang cupang yang juga menjual cacing, kutir dan sejumlah makanan cupang lainnya mengaku, omzet jualannya mengalami peningkatan, ditambah dengan adanya cacing dan kutir.

“Kalau cupang nggak setiap hari laku, tapi kalau cacing dan kutir ini alhamdulillah ada saja yang beli tiap hari,” ujar Toriq saat ditemui di lapaknya, di Jalan Saco Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (22/12/2020).

Menurut Toriq, cacing sutra dan kutir memang sangat disukai oleh cupang, keduanya mengandung protein dan lemak tinggi, yang dapat membuat cupang tumbuh lebih baik dan mampu mempercantik sirip cupang, serta memperindah warnanya.

Cacing sutra, salah satu makanan cupang yang dijual Toriq, saat akan dikemas dan diberikan ke pelanggan, Selasa (22/12/2020). Foto: Amar Faizal Haidar

“Saya kasih tips, jangan gonta-ganti makanan cupang, kalau sudah kutir dan cacing ya itu saja. Tapi jangan cuma kutir saja atau cacing saja, idealnya dua jenis. Dijamin cupangnya bakal keren,” katanya.

Toriq menyebut, kutir dan cacing yang ia jual seharga Rp5.000 per sendok. Menurutnya, harga tersebut relatif murah. Kurang lebih, kata Toriq, satu sendok cacing dan kutir cukup untuk makan cupang selama seminggu.

“Tapi tergantung jenis cupangnya juga, kalau yang jenis giant biasanya makannya lebih banyak, jadi kira-kira cukup sampai lima hari,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Firman membenarkan bahwa kutir dan cacing memiliki khasiat lebih baik dibanding jenis makanan cupang lainnya. Selama ini, ia mengaku selalu memberikan dua jenis hewan itu kepada cupang peliharaannya.

“Saya sudah ada 13 cupang di rumah. Semuanya saya kasih makan cacing sama kutir. Bagus hasilnya, warnanya jadi makin terang,” ucap Firman.

Menurut Firman, kutir dan cacing juga tidak sulit ditemukan, hampir semua penjual cupang, kini menjual dua hewan itu juga, dan harganya relatif terjangkau.

“Kalau saya rekomendasinya memang dua itu. Saya selalu beli di belakang Ragunan ini, lengkap. Tapi kalau nggak ada kan banyak juga yang jual online, bisa dibeli di situ,” pungkasnya.

Lihat juga...