Cegah Corona Meluas, Pembatasan Perjalanan di Perbatasan AS Diperpanjang

WASHINGTON – Perbatasan darat AS dengan Kanada dan Meksiko akan tetap ditutup untuk perjalanan yang tidak penting hingga setidaknya 21 Januari saat kasus virus corona melonjak ke angka tertinggi, kata pejabat AS dan Kanada, Jumat (11/12).

Dengan demikian, pemerintahan Presiden terpilih Joe Biden akan menjadi pihak yang membuat keputusan –ketika dia menjabat pada 20 Januari– untuk menentukan kapan akan mencabut pembatasan, yang pertama kali diberlakukan pada Maret untuk mengendalikan penyebaran virus.

Penjabat Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Chad Wolf, mengatakan di Twitter perpanjangan satu bulan terbaru adalah upaya untuk “terus mencegah penyebaran COVID.”

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, menulis di Twitter pada Jumat bahwa “untuk menjaga keamanan warga Kanada, kami telah memperpanjang tindakan yang saat ini berlaku di perbatasan Kanada-AS selama 30 hari lagi.”

Kanada tidak terlalu menunjukkan minat untuk mencabut pembatasan. Pejabat AS sebelumnya telah berupaya membuat beberapa revisi, terutama untuk penduduk di sepanjang perbatasan Kanada.

Lihat juga...