Dairi Programkan Penanaman Kopi Sidikalang 5.000 Hektare

Kebun kopi, Dok: CDN

MEDAN – Pemkab Dairi, Sumatra Utara, berkomitmen untuk mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang yang menjadi salah satu komoditi unggulan pertanian di kabupaten tersebut.

Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, mengatakan beberapa hal yang menjadi fokus Pemkab Dairi untuk mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang, adalah memperhatikan jumlah tanam untuk tanaman kopi yang cenderung menurun.

Karena dinilai salah satu yang menjadi penyebab menurunnya jumlah tanam tersebut, karena ketersediaan lahan yang belum memadai.

“Dalam RPJMD Kabupaten Dairi, telah dibuat program untuk 5 tahun ke depan penanaman kopi sebanyak 5.000 hektare. Kita juga akan menggerakkan para petani milenial untuk ikut menanam kopi tersebut,” katanya, Senin (14/12/2020).

Hal lainnya dinyatakan Bupati Dairi adalah tentang harga yang tidak menguntungkan bagi para petani kopi, sehingga tidak dapat meningkatkan perekonomian bagi para petani.

Untuk itu, Pemkab Dairi mengambil beberapa langkah untuk mengatasi hal tersebut, di antaranya dengan menyediakan bibit kopi yang unggul dan peningkatan kualitas kopi dengan menerapkan budi daya tanaman kopi yang baik.

Saat ini, kata dia, konsumsi kopi di dalam negeri makin tinggi, Kopi Sidikalang harus ikut menjadi bagiannya, sehingga industri kopi ini menyenangkan.

“Komitmen dari seluruh pemangku kepentingan dan pihak terkait sangat kita perlukan, sehingga kejayaan Kopi Sidikalang ini dapat kita kembalikan dengan kolaborasi bersama,” katanya. (Ant)

Lihat juga...