Dandim Sikka: Perayaan Natal Harus Tetap Perhatikan Prokes

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE – Untuk memastikan Misa Perayaaan Malam Natal, Kamis (24/12/2020) malam sesuai protokol kesehatan serta pelaksaan pengamanan semua gereja di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Dandim 1603 Sikka dan Kapolres Sikka lakukan peninjauan.

Kedua pimpinan ini turun langsung mengecek sejumlah gereja sejak sore terkait pelaksanaan penerapan protokol kesehatan dan pelaksanaan pengamanan Operasi Lilin Turangga 2020 sebelum Perayaan Misa Malam Natal.

“Kami melakukan kegiatan pemantauan dan pengecekan Gereja dan Pos Pengamanan,” kata Dandim Sikka, Letkol Inf. M. Zulnalendra Utama, SIP saat melakukan pengontrolan gereja di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Kamis (24/12/2020).

Zulnalendra mengatakan, pengontrolan yang dilakukan dilakukan guna memastikan kesiapan anggota TNI dan Polri pada saat pengamanan di gereja-gereja di Kota Maumere.

Selain itu kata dia, untuk menjamin TNI dan Polri selalu solid bersama instansi lainnya guna mengamankan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di wilayah Kabupaten Sikka.

“Kami ingin memantau agar jalannya perayaan Misa Natal dan Tahun Baru agar tetap memperhatikan protokol kesehatan yang mana saat ini kita masih dalam situasi pandemi covid-19,“ ucapnya.

Zulnalendra berharap dalam pelaksanaan perayaan Misa Malam Natal dan pada malam pergantian tahun baru 2021 dapat berjalan dengan tertib, lancar dan terjamin keamanannya.

Dandim 1603 Sikka dan Kapolres Sikka memantau pelaksanaan Misa Malam Natal di Gereja Katedral St. Yosef Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Kamis (24/12/2020).Foto : Ebed de Rosary

Sementara itu warga Kota Maumere Fransiskus Viani yang ditemui saat perayaan Misa malam natal di gereja St.Yohanes Paulus II Centrum, Kota Maumere mengaku kehadiran TNI dan Polri dalam pengamanan di gereja bisa membantu menjaga ketertiban.

Viani sebutkan, membludaknya umat membuat petugas keamanan harus turun tangan mengatur agar ketertiban dan keamanan bisa terjaga sebelum memasuki gereja dan selama perayaan Misa Malam Natal berlangsung.

“Memang umat yang menghadiri misa membludak meskipun sudah dibagi mengikuti jadwal misa sesuai lingkungan masing-masing. Untung ada aparat TNI dan Polri sehingga bisa memastikan ketertiban dan keamanan,” ucapnya.

Viani mengaku,kehadiran aparat TNI dan Polri membantu dalam penegakan protokol kesehatan dimana setiap umat yang hadir diharuskan memakai masker secara benar dan mencuci tangan di tempat yang disediakan di depan gereja.

Kegiatan pengecekan oleh Dandim 1603 Sikka dan Kapolres Sikka dimulai pukul 16.30 WITA diawali dari gereja Katedral St. Yoseph Maumere yang berada di wilayah Kelurahan Kota Uneng.

Saat berada di lokasi gereja tersebut Dandim dan Kapolres Sikka langsung bertemu dengan pihak panitia gereja guna dilakukan pengecekan dan koordinasi pelaksanaan protokol kesehatan serta pelaksanaan pengamanan perayaan malam natal.

Selain itu juga Dandim Sikka dan Kapolres Sikka melaksanakan pengecekan dan pemantauan terhadap pengamanan dan penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan jalannya misa malam natal pada gereja diwilayah Kota Maumere dan sekitarnya.

Juga dilakukan pengecekan pada pos – pos pengamanan yang dilakukan langsung oleh Dandim dan Kapolres Sikka, guna memastikan kesiapan keamanan dalam rangka Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Lihat juga...