Desa Cerdas Mandiri Lestari Turunkan Angka Kemiskinan di Trirenggo

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Sejak dicanangkan pada 2017, program Desa Cerdas Mandiri Lestari di desa Trirenggo, kabupaten Bantul, mampu menurunkan angka kemiskinan di desa tersebut sebesar 29 persen. Berbagai upaya pemberdayaan juga menunjukkan hasil signifikan, antara lain dengan meningkatnya jumlah pelaku usaha kecil menengah yang ditopang oleh koperasi sebagai motor penggeraknya.

Desa Cerdas Mandiri Lestari merupakan program pemberdayaan berbasis desa yang diinisiasi oleh Yayasan Damandiri. Semangat program pemberdayaan ini merupakan upaya meneruskan cita-cita luhur pendiri yayasan, HM Soeharto, yakni menyejahterakan semua masyarakat di desa.

Sejak dicanangkan pertama kali pada 2017, Desa Cerdas Mandiri Lestari sudah terbentuk di 11 desa. Tersebar di sejumlah kabupaten di DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, bahkan hingga Nusa Tenggara Barat. Program ini menargetkan semua desa penerima program mampu mandiri dalam waktu tiga tahun.

Manajer Umum KUD Gemah Ripah, Trirenggo, Bantul, Ambyah, -Foto: Jatmika H Kusmargana

Kendati berbagai kendala telah menyebabkan tidak semua desa mampu mencapai target tersebut, namun program Desa Cerdas Mandiri Lestari diakui oleh pengelola program di tingkat desa mampu memberikan kemajuan signifikan.

Manajer Umum KUD Gemah Ripah, H Ambyah, sebagai pelaksana program Desa Cerdas Mandiri Lestari di desa Trirenggo, Bantul, Yogyakarta, mengatakan berbagai sub program pemberdayaan meliputi bidang ekonomi, pendidikan, ekonomi, agama dan budaya, telah memberikan kemajuan luar biasa.

Ia merinci, setidaknya terdapat 13 lebih program pemberdayaan di berbagai bidang dengan total anggaran Rp1,7 miliar lebih, yang telah digelontorkan ke masyarakat desa.

Sejumlah program pemberdayaan tersebut, antara lain adalah program Bedah Rumah dengan anggaran mencapai Rp375.950.000 yang diberikan kepada 15 KK kurang mampu. Program Lantainisasi dengan anggaran mencapai Rp551.500.000, diberikan kepada 341 KK penerima. Serta program jambanisasi dengan anggaran mencapai Rp36.000.000 yang diberikan kepada 18 KK penerima.

Program pemberdayaan di sektor kesehatan serta lingkungan hidup juga terus berlanjut.

KUD Gemah Ripah Trirenggo selaku pelaksana program Desa Cedas Mandiri Lestari, juga telah menyalurkan bantuan program pengadaan Sarana Air Bersih dengan anggaran mencapai Rp40.000.000 di 8 titik lokasi.

Sementara itu di sektor pendidikan dan kesehatan, KUD Gemah Ripah Trirenggo juga telah menyalurkan sejumlah program bantuan selama beberapa tahun terakhir. Di antaranya menyalurkan 6 paket Alat Peraga Edukasi (APE) ke sebanyak 6 PAUD dan TK, dengan anggaran mencapai Rp4.838.500, dan melakukan renovasi Gedung PAUD dengan anggaran mencapai Rp55.000.000.

Juga menyelenggarakan pelatihan guna meningkatkan kapasitas SDM bagi ratusan guru PAUD, BKB, Perindustrian, Keagamaan, Pertanian, Posyandu, Kesenian dan Olah Raga, dengan anggaran mencapai Rp225.950.000.

Lihat juga...