Dinkes Mukomuko Catat 119 Warga Positif Terjangkit DBD

MUKOMUKO — Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu mencatat 119 warga di daerah itu positif terjangkit demam berdarah dengue (DBD) sepanjang bulan bulan Januari hingga November 2020.

“Bulan November 2020 ada penambahan enam kasus DBD dan enam kasus empat sudah di-fogging, penyelidikan epidemologi (PE), dan larvasida,” kata Pengelola Program DBD pada Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bara Lendra dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa (8/12/2020).

Sebanyak 119 orang yang positif DBD di daerah ini terhitung sejak Januari sebanyak 26 kasus, Februari 11 kasus, Maret 14 kasus, April 17 kasus, Mei 17 kasus, Juni lima kasus, Juli tiga kasus, Agustus delapan kasus, September tujuh kasus, dan Oktober lima kasus dan November enam kasus.

Ia mengatakan jumlah kasus DBD di daerah ini pada bulan November 2020 sebanyak enam kasus, menurun dibandingkan dengan kasus DBD pada bulan sebelumnya.

Namun jumlah warga setempat yang positif DBD pada bulan November 2020 ini lebih sedikit dibandingkan dengan kasus DBD pada awal tahun ini, yakni mencapai belasan kasus.

Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan pengasapan terhadap lokasi yang ditemukan adanya kasus DBD, guna membunuh nyamuk yang menyebabkan penyakit ini.

Selain itu, instansinya melalui puskesmas tetap mengimbau camat, lurah dan kepala desa hingga RT dan seluruh masyarakat untuk melakukan kegiatan pencegahan penularan penyebaran penyakit ini.

Pihaknya juga menyarankan warga tetap melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) guna mencegah penyebaran penyakit DBD saat pandemi COVID-19 tetapi tidak melibatkan banyak orang.

“Kami minta warga lebih giat lagi untuk melakukan PSN untuk mencegah penyebaran penyakit DBD, tetapi jangan ramai-ramai mereka datang, tidak melibatkan banyak orang,” ujarnya.

Ia menyarankan kepada warga yang melakukan kegiatan PSN dengan cara gotong royong membersihkan lingkungan sekitarnya untuk tidak melibatkan banyak orang guna mencegah penularan COVID-19. (Ant)

Lihat juga...