Dipicu Optimisme Vaksin, Minyak Melonjak Brent Tembus 50 Dolar/Barel

NEW YORK — Harga minyak melonjak hampir tiga persen pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), dengan Brent melonjak di atas 50 dolar AS per barel untuk pertama kali sejak awal Maret, didorong oleh harapan pemulihan permintaan yang lebih cepat karena negara-negara mulai meluncurkan vaksin COVID-19.

Sentimen bullish mengimbangi peningkatan besar dalam persediaan minyak mentah AS yang menunjukkan masih ada banyak pasokan tersedia.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Februari terangkat 1,39 dolar AS atau 2,8 persen, menjadi menetap di 50,25 dolar AS per barel, naik untuk hari ketiga berturut-turut. Sementara itu, minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) bertambah 1,26 dolar AS atau 2,8 persen, menjadi ditutup di 46,78 dolar AS per barel.

Kedua acuan mencapai level tertinggi sejak Maret, dengan kontrak Brent dan WTI mencatat sesi tertinggi masing-masing 51,06 dolar AS per barel dan 47,74 dolar AS per barel. Namun, indeks kekuatan relatif mereka menunjukkan keduanya telah pindah ke wilayah overbought.

Inggris memulai vaksinasi minggu ini dan Amerika Serikat dapat memulai vaksinasi secepatnya akhir pekan ini. Kanada pada Rabu (9/12/2020) menyetujui vaksin pertamanya dan mengatakan suntikan awal akan dikirimkan mulai minggu depan.

Lihat juga...