Dishub Gianyar Buka Trayek Bus Ubud-Denpasar

Bus Trans-Metro Dewata – Foto Ant

GIANYAR – Dinas Perhubungan Kabupaten Gianyar, bersama Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Bali, melakukan uji coba bus Trans-Metro Dewata. Bus tersebut memiliki rute perjalanan, Ubud-Denpasar, guna mendukung penyediaan moda transportasi darat.

“Rencananya, bus ini akan mulai beroperasi untuk umum pada 27 Desember 2020. Kami sudah lakukan uji coba trayek untuk koridor empat, Ubung-Ubud,” ujar Kadishub Gianyar, I Wayan Suamba, Rabu (23/12/2020).

Layanan transportasi publik berbasis aplikasi tersebut dinamakan Teman Bus, yang merupakan akronim dari Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman Bus. Peluncurannya mempertimbangkan situasi Ubud yang sering macet saat pariwisata normal, tetapi masih diberikan bus untuk beroperasi, Suamba menyebut, pemberian angkutan bus ke Ubud untuk mengurangi jumlah penggunaan mobil pribadi. Sehingga diharapkan, mampu menekan kemacetan.

“Nanti, pasti banyak yang nanya, kok Ubud yang sudah macet, diberi bus? Nah, ini akan terus kita evaluasi ke depannya. Namun, tujuannya untuk
mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan mau memanfaatkan fasilitas umum seperti Teman Bus,” imbuhnya.

Kadishub Kota Denpasar, Ketut Sriawan menambahkan, selama masa uji coba, bus akan digratiskan. Ke depan, pembayaran akan dilakukan menggunakan e-money. “Sekarang masih tahap uji coba jadi kita gratiskan. Ke depan, pembayaran Teman Bus akan dilaksanakan dengan menggunakan e-money, seperti masuk tol,” sambungnya.

Lihat juga...