Dokter: Pemakaian Masker Efektif Cegah Penularan Covid-19

PURWOKERTO — Dokter spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) cabang Jawa Tengah dr. Indah Rahmawati, Sp.P mengingatkan masyarakat bahwa pemakaian masker efektif mencegah penularan COVID-19.

“Memakai masker sangat efektif mencegah penularan COVID-19 selama dipakai dengan baik dan benar,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis (10/12/2020).

Dokter yang praktik di RS Ananda Purwokerto itu menambahkan masyarakat harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Masyarakat harus selalu patuh mengikuti protokol kesehatan di dalam atau di luar rumah dengan menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan juga menjaga jarak,” katanya.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga perlu membatasi kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan agar mencegah terjadinya penularan COVID-19.

“Yang juga tidak kalah penting, masyarakat harus cukup istirahat, minimal tidur selama 6 – 7 jam per hari untuk membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh,” katanya.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto itu juga menambahkan masyarakat harus cepat memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan jika mengalami keluhan atau gejala penyakit yang mengarah pada gejala COVID-19.

Lihat juga...