Dua TPS di Batam Gelar PSU Pilkada

Pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 di Kota Batam Kepri – Foto Ant

BATAM – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada 2020 Kota Batam dan Pilkada Provinsi Kepulauan Riau, akan digelar di dua TPS di Kota Batam, Minggu (13/12/2020).

Anggota Bawaslu Provinsi Kepri, Said Abdullah Dahlawi menyatakan, dua TPS yang menggelar PSU adalah, TPS 02 Kampung Seraya, Batuampar dan TPS 28 di Kelurahan Duriangkang Sei Beduk. PSU harus digelar, karena dalam pelaksanaan pilkada 9 Desember 2020, terdapat warga yang tidak berhak memilih, namun bisa mencoblos. Hal itulah yang membuat PSU harus dilakukan.

Di TPS 28 Kelurahan Duriangkang, akan digelar Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur beserta Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Sedangkan di TPS 02 Batuampar untuk Pilkada Kota Batam. “Di TPS 28 Kelurahan Duriangkang, Kecamatan Sei Beduk, ditemukan ada pemilih tidak masuk dalam daftar pemilih ikut memberikan suaranya lebih dari satu orang,” kata dia.

Kemudian, di TPS 02 Kelurahan Batuampar, ditemukan lebih dari satu pemilih yang menggunakan haknya. Orang tersebut namanya tidak masuk dalam DPTB dan DPT. “Ber-KTP Batam atau tidak Batam, tidak boleh,” kata dia menegaskan.

Sementara itu, Lima kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Riau, tidak dapat menggunakan Sistem Rekapitulasi Pilkada SIREKAP, sehingga terpaksa menggunakan cara manual untuk merekapitulasi hasil penghitungan suara pilkada.

Lihat juga...