Lebaran CDN

Durasi Jam Malam di Tulungagung Diperpanjang

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo – Foto Ant

TULUNGAGUNG – Pemkab Tulungagung, memperpanjang durasi jam malam, dari sebelumnya mulai pukul 23.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB, menjadi antara pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB.

Aturan tersebut mulai berlaku Rabu (30/12/2020). “Aturan (perpanjangan) ini berlaku mulai hari ini,” kata Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Rabu (30/12/2020).

Keputusan perpanjangan diambil, setelah jajaran Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung menggelar rapat koordinasi dan evaluasi, terhadap lonjakan kasus corona di daerah itu. Rapat digelar bersama jajaran Forkopimda dan Forkopincam di Pendopo Tulungagung.

Perubahan jam malam dituangkan dalam Instruksi Bupati (Inbup) No.1/2020, tertanggal 31Desember 2020. Pemberlakuan jam malam di Tulungagung berbeda dengan SE (surat edaran) Provinsi Jatim, yang dimulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. “Jam malam ini dikecualikan bagi masyarakat dalam keadaan darurat atau pedagang yang melakukan aktivitas di pasar,” katanya.

Kapolres Tulungagung, AKBP Handono Subiakto mengatakan, pihaknya siap mendukung penuh kebijakan Pemkab Tulungagung, terkait percepatan penanganan COVID-19. Termasuk membantu sosialisasi perubahan jam malam tersebut.

Sosialisasi akan dilakukan pada lokasi yang menjadi tempat berkerumunnya orang, seperti kafe yang banyak dijadikan tempat nongkrong anak muda. Setelah jam malam resmi diberlakukan, nantinya tak ada lagi tawar-menawar bagi yang terjaring jam malam. Mereka yang terjaring akan disanksi tegas, sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Timur Nomor 53 tahun 2020. Sesuai Pergub, sanksi denda yang diberikan sebesar Rp250 ribu. “Bisa kerja sosial, bisa denda,” pungkas Kapolres. (Ant)

Lihat juga...