Enaknya Menu Ikan Tongkol Bumbu Tomat ala Maumere

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Saat musim hujan ikan tongkol berukuran kecil sebesar ibu jari orang dewasa banyak ditemukan dijual di TPI Alok Maumere dengan harga yang sangat murah.

Ikan segar yang ditangkap nelayan kapal lampara saat malam hari atau Subuh, saat stok melimpah dijual satu kantong plastik biru berukuran besar dengan harga hanya Rp50 ribu. Banyak yang membeli untuk dikeringkan.

“Saya juga kalau membeli hanya untuk makan satu hari saja. Kalau stok melimpah dikonsumsi setiap hari juga menyebabkan kebosanan,” sebut Maria Magdalena D, warga Kelurahan Wailiti, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, saat ditemui, Sabtu (12/12/2020).

Warga Kelurahan Wailiti, Kecamatan Alok Barat, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Maria Magdalena D, saat ditemui Cendana News, Sabtu (12/12/2020). Foto: Ebed de Rosary

Maria mengatakan, cara yang paling simpel dan enak dalam mengonsumsi ikan tongkol berukuran kecil tersebut yakni menggorengnya dengan memberi bumbu tomat.

Ia menjelaskan, pertama-tama ikan tongkol dicuci bersih terlebih dahulu lalu digoreng hingga matang. Lalu diangkat dan ditiriskan minyaknya hingga benar-benar kering.

“Haluskan bawang merah, bawang putih, lombok dan tomat menggunakan cobek. Bisa juga menggunakan blender tetapi lebih enak menggunakan bumbu yang dihaluskan di cobek,” tuturnya.

Maria menambahkan, masukkan minyak goreng secukupnya lalu tumis semua bumbu dan diaduk hingga tercampur merata.

Ia melanjutkan, tambahkan sedikit air dan biarkan mendidih lalu masukkan ikan tongkol yang digoreng.

“Aduk hingga merata dan matang lalu diangkat dan terasa enak bila dikonsumsi masih hangat bersama anggota keluarga,” ucapnya.

Sementara itu, Rosalia Hende, warga lainnya mengaku, memang saat musim ikan tongkol dan harganya murah, dirinya  seminggu bisa tiga kali membuat ikan tongkol bumbu tomat.

Rosa sapannya mengaku, selain mudah membuatnya, ikan tongkol rasanya enak bila digoreng. Apalagi ikan yang dijual baru ditangkap sehingga tidak gatal saat dikonsumsi.

“Ikan tongkol cepat sekali membuat gatal sehingga harus habis dikonsumsi. Paling lama bertahan hingga malam hari kalau dimasak siang hari, sehingga saya juga membeli dalam jumlah terbatas untuk konsumsi sehari,” ucapnya.

Lihat juga...