Gen Z Paham Kejahatan Lingkungan Hidup Adalah Ekosida

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), berdasarkan hasil riset terbaru mereka, menyataan Gen Z atau generasi muda usia 16-25 tahun di Indonesia memiliki tingkat kepedulian yang cukup baik terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Manajer Kampanye Keadilan Iklim Eksekutif Nasional Walhi, Yuyun Harmono, mengungkapkan bahwa riset dilakukan di tujuh provinsi kepada setidaknya 1.000 responden. Namun, sayangnya pengetahuan kelompok muda tersebut masih diabaikan atau belum dianggap signifikan untuk didengarkan.

“Padahal, kelompok muda ini bukan saja paham soal isu lingkungan hidup. Tetapi, juga menerapkan kepedulian lingkungan hidup dalam kesehariannya. Mereka ingin mengambil peran lebih aktif dalam persoalan struktural lingkungan hidup, antara lain yang terkait aktor nonnegara (korporasi), kebijakan negara dan penegakan hukum,” ujar Yuyun dalam webinar terkait Laporan Hasil Riset Walhi tersebut, Rabu (23/12/2020).

Direktur Eksekutif Nasional Walhi, Nur Hidayati, memberikan paparan pada webinar bertajuk Laporan Riset Walhi, Kejahatan Korporasi dan Ekosida di Mata Publik, Rabu (23/12/2020). –Foto: Amar Faizal Haidar

Yuyun tidak menampik, bahwa hasil survei memang belum dapat menggambarkan secara keseluruhan dari representasi nasional, namun temuan tersebut menangkap suara yang kuat dari kelompok muda, bahwa harus ada penegakan hukum yang tegas terhadap kejahatan lingkungan hidup yang melibatkan korporasi besar.

Lihat juga...