GKP Kampung Sawah Peringati Misa Natal Online

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Gereja Kristen Pasundan (GKP) Kampung Sawah, Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat, meniadakan kebaktian Misa Natal 2020, secara on site (di tempat) tetapi memilih kebaktian secara live streaming melalui kanal YouTube.

Pdt. Wiliam Alexander, pemimpin Gereja Kristen Pasundan (GKP) Kampung Sawah, di Konfirmasi Cendana News, Kamis (24/12/2020)

Misa sore tadi dipimpin langsung oleh Pendeta tugas khusus Bayu Laksono Dalope, di GKP Kampung Sawah dengan dibantu para pelayan, tanpa dihadiri satu jemaat dan disiarkan secara langsung, Kamis (24/12/2020).

“GKP Kampung Sawah, meniadakan kebaktian on site. Yang hadir di gereja hanya pelayan dan petugas saja. Jemaat bisa mengikuti kebaktian dari rumah ataupun melalui siaran ulang bersama keluarga,” ungkap Pdt. Wiliam Alexander, kepada Cendana News, usai menggelar siaran langsung di GKP Kampung Sawah.

Diakuinya bahwa GKP Kampung Sawah sejak memasuki awal Desember 2020 telah meniadakan kebaktian on site di gereja. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa jemaat yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang terpapar di tempat kerjanya.

Hal lainnya diketahui saat ini wilayah Ponodok Melati, khususnya Jatimelati sendiri dalam kondisi zona merah.

Menurutnya perayaan Natal tahun 2020 di GKP Kampung Sawah fokus tidak ada perayaan yang eforia. Tapi lebih kepada refleksi dan juga banyak mengadakan bakti sosial kepada jemaat sendiri ataupun warga sekitar di lingkungan Gereja.

“Kami sudah memutuskan tidak ada kebaktian on site pada perayaan Misa Natal 2020. Tapi semua melalui siaran langsung ataupun tayang ulang begitu seterusnya hingga tanggal 31 Desember tidak ada pertemuan langsung,” tegas Pdt. Wiliam.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pada malam natal GKP Kampung Sawah, temanya fokus merayakan Natal dengan mengingat Kristus. Sebagai utamanya untuk Natalnya sendiri, temanya menjadi ‘Pembawa Kabar Sukacita dan Damai Sejahtera. Tema dimaksudkan bahwa ditengah Pandemi sebagai umat percaya diminta tetap menjadi pembawa kabar suka cita.

“Tetap menjadi pembawa kabar sukacita memberi bantuan bagi mereka yang kekurangan terlebih pada situasi pandemi ini,”ucapnya mengatakan meskipun umat kebaktian di rumahnya melalui siaran ulang tetap khidmat bersama keluarga.

Pdt. William mengimbau untuk warga jemaat GKP Kampung Sawah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ditengah Pandemi. Meski kondisi berbeda sukacita Natal tidak pudar.

“Tapi fokus natal kita adalah ke Tuhan Yesus yang Lahir,” jelasnya mengatakan esok pukul 05.30 WIB kebaktian akan digelar secara online dipimpin Pdt. Dewi Agustina.

GKP Kampung Sawah mengambil tema Nayal 2020 yakni, Menjadi pembawa kabar suka cita dan damai sejahtera. Gereja tersbebut memiliki jemaat sekitar 700 Kepala Keluarga (KK). Untuk daya tampung gereja sendiri bisa mencapai 300 jemaat.

“Kebaktian on site, di tengah Pandemi GKP menyediakan 150 tempat bagi jemaat. Tapi yang hadir sedikit biasanya, untuk daya tampung sebelum Pandemi bisa mencapai 300-an jemaat,” ungkap panitia Natal GKP Kampung Sawah.

Pantauan Cendana News, gereja Katolik Santo Servatius yang berlokasi tidak jauh dari GKP Kampung Sawah melaksanakan kebaktian on site. Terlihat pelaksanaan kebaktian di kawal aparat gabungan dari kepolisian, TNI dan Satpol PP.

Lihat juga...