Hadapi Libur Nataru, KKP Siagakan Personel Layani ‘Rapid Test’

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Hadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Panjang siagakan personel di pelabuhan Bakauheni.

Suwoyo, koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)  Kelas II Panjang  wilayah kerja pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel) menyebut, telah mempersiapkan petugas medis dan paramedis. Sebanyak 10 orang personel tambahan disiagakan selama libur Nataru.

Suwoyo, koordinator wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Panjang Wilayah Kerja Bakauheni, Lampung Selatan, dijumpai Jumat (18/12/2020) – Foto: Henk Widi

Selama angkutan Nataru Suwoyo menambahkan, disiapkan tim dari kantor induk secara mobile menggunakan ambulance.

Fasilitas ambulance yang disiagakan sebanyak 4 unit, meliputi 1 unit dari kantor pusat, 1 unit ambulance di kantor KKP Bakauheni dan 2 unit milik PT ASDP Bakauheni. Terkait pelayanan test cepat (rapid test) KKP Bakauheni menyediakakan layanan setiap hari.

Pelayanan rapid test lanjut Suwoyo, dilakukan pada pintu masuk loket pelabuhan Bakauheni. Hanya saja layanan rapid test secara gratis tersebut dilakukan dengan sistem sampling sebanyak 50 orang per hari. Penumpang asal Sumatera yang akan naik ke kapal akan ditawari untuk melakukan rapid test. Petugas disiagakan pada pintu masuk lobi pembelian tiket.

“Pelaksanaan rapid test dilakukan secara gratis dan ditawarkan ke penumpang yang naik ke kapal, namun bagi yang menolak atau sudah melakukan rapid test di tempat asal langsung boleh membeli tiket,” terang Suwoyo saat ditemui Cendana News, Jumat (18/12/2020).

Suwoyo menyebut, selama masa libur Nataru kewajiban melakukan rapid test belum ditentukan. Namun selama masa pandemi Covid-19 penumpang yang akan menyeberang diwajibkan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Penumpang diwajibkan tetap membawa masker, pembersih tangan, jaga jarak selama di atas kapal. Koordinasi juga dilakukan dengan petugas kapal.

Kepada setiap pengguna jasa yang akan menuju ke pelabuhan Suwoyo menyebut wajib memperhatikan protokol kesehatan.

Berkoordinasi dengan pihak PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni ia menyebut, penyediaan fasilitas kesehatan dilakukan secara lengkap. Fasilitas kesehatan tersebut di antaranya ruang isolasi di terminal eksekutif dan terminal reguler.

Fasilitas ruang perawatan lengkap dengan obat-obatan, petugas disiagakan KKP Kelas II Panjang Wilker Bakauheni, Lampung Selatan menghadapi Natal dan Tahun Baru, Jumat (18/12/2020) – Foto: Henk Widi

“Setiap kapal juga telah dilengkapi dengan fasilitas ruang isolasi dan petugas yang akan mengecek suhu tubuh penumpang,” terang Suwoyo.

Yuni, salah satu calon penumpang asal Lampung tujuan Bekasi menyebut tidak melakukan rapid test. Sebelum berangkat ke tempat tujuan ia menyebut telah melakukan pemeriksaan ke klinik di tempat asalnya.

Melakukan perjalanan ke luar wilayah ia menyebut, telah terbiasa, surat kesehatan dan bebas Covid-19 melalui rapid test pun disiapkan.

Melakukan perjalanan, Yuni bilang selalu menerapkan protokol kesehatan. Peralatan yang selalu disiapkan sebutnya meliputi cadangan masker, pembersih tangan.

Dalam perjalanan ia juga selalu menyiapkan bekal makanan, minuman. Cara tersebut dilakukan agar tetap menjaga makanan higienis selama perjalanan sekaligus mencegah interaksi dengan orang lain saat masa pandemi Covid-19.

Lihat juga...