Hadapi Libur Pilkada, Stok BBM di Jateng Aman

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Pertamina di wilayah Regional Jawa Bagian Tengah, meliputi wilayah Jateng-DIY, memastikan penyaluran BBM dan LPG, tetap dilakukan secara normal meskipun pada 9 Desember 2020, merupakan hari libur nasional Pilkada 2020.

“Kita pastikan kebutuhan BBM dan LPG tetap aman, jelang pelaksanaan hingga setelah selesai hari H pencoblosan dalam Pilkada 2020. Kesiapan stok dipenuhi dari tujuh Terminal BBM di wilayah Jateng-DIY, yang mampu mencukupi hingga 15 hari kedepan. Sama halnya dengan LPG, stok di Depot LPG kami juga aman dan akan memenuhi kebutuhan masyarakat jelang dan paska Pilkada,” papar Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional JBT, Marthia Mulia Asri di kantor Pertamina, Semarang, Selasa (8/12/2020).

Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional JBT, Marthia Mulia Asri di kantor Pertamina, Semarang, Selasa (8/12/2020). -Foto Arixc Ardana

Diungkapkan, ketujuh terminal BBM tersebut untuk wilayah Jateng berada di Integrated Terminal Semarang, Integrated Terminal Cilacap, Fuel Terminal Boyolali, Lomanis, Maos, Tegal Baru, sementara untuk DI Yogyakarta berada di Fuel Terminal Rewulu.

Pihaknya pun akan terus memonitor penyaluran BBM dan LPG, selama penyelenggaraan Pilkada di 21 kota dan kabupaten di Jateng, serta tiga kabupaten di Provinsi DI Yogyakarta.

“Secara umum, hingga bulan Desember 2020 ini, konsumsi BBM di wilayah Jateng-DIY, masih di bawah angka rata-rata normal sebelum pandemi. Untuk BBM jenis gasoline meliputi Pertamax series, Pertalite dan Premium, berada di angka 11.580 Kiloliter per hari dan BBM jenis gasoil termasuk biosolar dan dex series, berada di angka 5.780 KL per hari”, ungkap Marthia.

Sementara itu, untuk konsumsi LPG ada kenaikan sebesar 4% dari rata-rata normal sebelum pandemi, yakni sebesar 4.050 Metric Ton (MT) per hari. “Saat ini angkanya naik, berkisar di angka 4.200 MT. Namun kenaikan LPG ini masih dalam batas normal, sesuai dengan alokasi yang sudah ditentukan,” tegasnya.

Senior Supervisor Communication & Relations Pertamina MOR IV Arya Yusa Dwicandra, menambahkan, secara terperinci penyaluran BBM di Jateng untuk jenis gasoline saat ini berkisar di angka 9.900 KL dan gasoil 5.400 KL per hari. Sementara, untuk di DI Yogyakarta, penyaluran BBM jenis gasoline saat ini berkisar di angka 1.680 KL dan gasoil 380 KL per hari.

“Seluruhnya tersebar di 910 SPBU yang ada di Jateng-DIY. Sedangkan untuk pangkalan LPG terdapat sebanyak 43.020 pangkalan LPG PSO (subsidi) dan 7.824 pangkalan LPG Non PSO di wilayah Jateng. Sedangkan untuk provinsi DI Yogyakarta, terdapat 5.543 pangkalan LPG PSO dan 1.124 pangkalan LPG Non PSO,” pungkas Arya.

Lihat juga...