Hasil Pemungutan Suara di Pegunungan Meratus Kalsel Akhirnya Sampai ke PPK

Aparat TNI-Polri mengawal kotak suara dan surat suara yang dibawa di Pegunungan Meratus – foto Ant

BANJARMASIN – Hasil pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 di desa terjauh di Pegunungan Meratus, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan (Kalsel), akhirnya sampai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Batang Alai Timur, Sabtu (12/12/2020).

“Alhamdulillah, rombongan pembawa kotak suara berisi surat suara hasil pilkada di Desa Juhu dan Desa Aing Bantai telah tiba dengan selamat,” terang Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Mochamad Rifa’i di Banjarmasin, Sabtu (12/12/2020).

Dia mengungkapkan, petugas KPU dibantu masyarakat dan dikawal aparat TNI-Polri, harus menempuh perjalanan tiga hari berjalan kaki, dari lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk kembali ke kecamatan. Medan yang berat di Pegunungan Meratus berupa perbukitan dengan jalan menanjak dan turunan, hingga aliran sungai di tengah belantara, harus dilintasi rombongan. Sehingga menuntut kekuatan fisik dan stamina yang prima.

“Pada malam hari, rombongan bermalam di hutan sembari beristirahat. Hujan yang mengguyur menjadi tantangan tersendiri sehingga perjalanan semakin berat. Namun alhamdulillah semua bisa dilalui baik saat berangkat sebelum pilkada maupun kembali dengan selamat,” tutur Rifa’i.

Dalam penugasan pengamanan, diakui Rifa’i, membutuhkan personel Polri berpengalaman dan memahami medan. Mereka adalah Aiptu M Padlullah, Aipda Sugianoor, Bripka M Akhyadi dan Briptu M Hermansyah. Dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan distribusi logistik pilkada di desa terpencil tersebut, setiap regu dibekali dengan multivitamin dan telepon satelit, yang dapat dipergunakan untuk melaporkan setiap satu jam sekali perkembangan situasi dan kesehatan anggota pengamanan TPS.

Atas tugas pengabdian yang telah dilaksanakan dalam menyukseskan pilkada, Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto, mengapresiasi seluruh anggotanya. Sebelumnya, pada pendistribusian logistik pilkada 2020, proses pengiriman juga melalui jalur darat dengan berhjalan kaki selama tiga hari. (Baca: https://www.cendananews.com/2020/12/jalan-kaki-tiga-hari-untuk-distribusikan-logistik-pilkada-di-meratus-kalsel.html ). (Ant)

Lihat juga...