Hasil Tes Antigen di RSUD Gambiran Kediri Dapat Diketahui 15 Menit

Warga jalani rapid test antigen di RSUD Gambiran Kota Kediri, Jawa Timur – Foto Ant

Perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta di dalam Pulau Jawa (antarprovinsi/ kabupaten/ kota), pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi udara dan kereta api antarkota, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan rapid test antigen paling lama 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Sedangkan untuk pejalan yang menggunakan moda transportasi darat baik pribadi maupun umum, diimbau menggunakan rapid test antigen paling lama 3×24 jam sebelum keberangkatan. Selain itu, pejalan yang menggunakan semua moda transportasi umum maupun pribadi wajib mengisi e-HAC Indonesia, terkecuali bagi moda transportasi kereta api.

Di Kediri, pemerintah daerah telah mengeluarkan Surat Edaran No.443.2/100/419.031/2020 tentang Antisipasi Penyebaran Corona Virus Disease 2019 pada Desember 2020 dan Tahun Baru 2021. Dalam SE tersebut, diimbau warga untuk tetap di rumah selama liburan dan tidak keluar kota kecuali ada keperluan yang sangat penting.

Selama dua pekan terakhir, kasus COVID-19 juga mengalami kenaikan yang cukup drastis. Selama dua pekan terakhir hampir 300 persen dibandingkan bulan lalu. “Kalau biasanya penambahan sebulan hanya 10 sampai 20 orang, sekarang sebulan sampai 100 orang. Itu warga dengan KTP Kota Kediri semua. Ini salah satu karena efek libur panjang Oktober lalu dan akhirnya dua pekan berikutnya pertengahan November itu tambah banyak dan terus bertahan sampai hari ini. Jadi, ini transmisi lokal,” kata dr Fauzan.

Di Kota Kediri, data kasus COVID-19 per Selasa (22/12/2020) mencapai 629 yang terkonfirmasi positif COVID-19. Kasus yang suspect ada 132 dan yang probable 28 orang. (Ant)

Lihat juga...