Hujan Pengaruhi Tingkat Kehadiran Pemilih di Pilkada Rejang Lebong

Warga Kelurahan Air Bang, Kecamatan Curup Tengah, Rejang Lebong menunggu pemanggilan untuk mencoblos di TPS 04 pada Pilkada Serentak 2020 di wilayah itu, Rabu (9/12/2020) – Foto Ant

REJANG LEBONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebut, kondisi cuaca saat pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 di wilayah itu, turut mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat.

Ketua KPU Rejang Lebong, Restu S Wibowo mengatakan, pelaksanaan pemungutan suara pilkada berlangsung saat hujan turun deras. Bahkan hujan terjadi sejak malam menjelang pemilihan hingga siang hari. Kendati demikian, proses pemungutan suara berjalan aman dan lancar. “Kita akui, cuaca hujan yang turun dari pagi mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2020 di Rejang Lebong,” kata Restu, Rabu (9/12/2020).

Berdasarkan pemantauan di beberapa kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong, banyak ditemukan pemilih tidak datang ke TPS karena hujan yang tidak kunjung reda. Sebagian lagi datang ke TPS pada siang hari, namun TPS nya sudah tutup pada pukul 13.00 WIB. “Ada juga mereka yang datang terlambat, karena TPS dibuka hingga pukul 13.00 WIB, dan tidak ada penambahan waktu walaupun kendalanya turun hujan,” tandasnya.

Lihat juga...