Ikan Bakar Kaya Rempah, Menu Kuliner Agar Keluarga Betah di Rumah

Editor: Mahadeva

Ikan bakar kaya rempah, salah satu menu agar keluarga bisa betah di rumah selama libur akhir tahun, Sabtu (26/12/2020) – Foto M. Amin

BEKASI – Libur panjang, dimasa Adaptasi Tatanan Hidup Baru (ATHB) karena pandemi COVID-19, membuat banyak keluarga memilih tetap di rumah bersama keluarga dan tidak mengisi waktu dengan berlibur atau bepergian keluar rumah.

Mereka yang memilih di rumah sajam biasanya bingung untuk mendapatkan menu makan, terutama untuk jamuan makan besar keluarga. Biasanya disetiap akhir pekan, banyak keluarga memilih keluar rumah untuk mencicipi beragam kuliner yang dijajakan di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat.

Seperti keluarga Satiwi Darwis, yang tinggal di Ujung Harapan, Bekasi. Libur Natal dan pergantian tahun, tidak membuatnya memilih pergi keluar rumah. Sartiwi memilih berada di rumah saja, dengan mengkreasikan beragam menu makan bersama keluarga. “Hari ini, kami mencoba ikan bakar kaya rempah, dengan belanja beberapa jenis ikan untuk menu makan. Tapi nggak tahu, ikan bakar jenis khas mana, baca di google saja, cara masaknya,” ujar Risma Chairunisa, isteri Darwis, kepada Cendana News, Sabtu, (25/12/2020).

Ikan Bawal Laut, dimasak dengan cara di bakar dicampur rempah, seperti jintan, ketumbar, bawang putih jahe, kemiri, cabai. Semua jenis rempah ditumbuk dan dilumurkan ke ikan. Kemudian ikan didiamkan selama satu jam, sebelum di panggang diperapian. Setelah masak, dihidangkan dengan irisan tomat, irisan bawang merah, cabai rawit, di bumbui kecap.

Kebijakan pembatasan operasional pertokoan dan tempat kuliner di Bekasi hanya sampai pukul 19.00 WIB, membuat Risma membuat menu rumah dengan belanja dan memasak sendiri. Risma, yang asli Kota Bandung, memilih tidak mudik saat libur panjang Natal dan Tahun baru kali ini. Salah satu yang membuatnya tidak mudik adalah banyak razia protokol kesehatan, yang meminta setiap orang melakukan tes cepat baik atau rapid antigen.

Risma menunjukan ikan bakar kaya rempah, yang dikreasikan sendiri agar keluarga betah di rumah selama libur akhir tahun, Sabtu (26/12/2020) – Foto M. Amin

“Malas, mau di rapid segala, kami ada lima orang, rapid semua sudah berapa biayanya. Lebih baik di rumah saja masak, berbagai panganan untuk makan bersama. Murah dan menyehatkan tentunya,” jelas Risma.

Darwis, suami Risma mengaku bisa menikmati masakan rumahan. Selama ini setiap akhir pekan lebih banyak makan diluar bersama teman kantor. Selama libur di rumah saja, ia mengaku berat badan kian bertambah. “Biasa setiap akhir pekan atau libur, jika tidak keluar bingung milih menu apa. Makanya di rumah banyak resep, atau terkadang isteri telpon emak, untuk bumbu masakan rumahan khas Palembang, seperti pindang,” pungkas Darwis.

Lihat juga...