Lebaran CDN

Ikang Tuna Garo Rica Mantah, Hidangan Khas Natal Keluarga Manado di Bekasi

Editor: Mahadeva

Aneka menu khas Manado tersedia untuk sajian keluarga di hari Natal. Michael Lengkong, warga Manado di Bekasi, mengaku hanya membuat menu Ikang Tuna Garo Rica Mantah, menu spesial hidangan dirumahnya, Sabtu (26/12/2020) – Foto M. Amin

BEKASI – Suasana Natal tahun 2020, dirasakan banyak berbeda dengan situasi biasanya. Tahun ini tidak ada kemeriahan perayaan dari umat Kristiani di Kota Bekasi, Jawa Barat. Namun demikian, hidangan lezat khas daerah tertentu, tetap menjadi kewajiban untuk dinikmati bersama keluarga saat merayakan Natal.

Seperti keluarga Manado di Bekasi, yang biasa memiliki menu kuliner khas untuk dijadikan pilihan dinikmati di hari Natal. Manado, dikenal memiliki beragam kudapan khas, yang menonjolkan rasa pedas dari campuran berbagai rempah, dengan bahan baku utama seperti ikan ataupun daging ayam sebagai pilihan.

Seperti menu Ikang Woku Belanga, sebuah menu berbahan ikan atau ayam. Atau Ikang Garo Rica Mantah, Sayor campur bahan olahan laksa, wortel, kentang dipadu dengan sambal dabu-dabu. “Sebenarnya tidak ada menu wajib, hanya lebih kepada budaya saja. Menu Natal biasanya disesuaikan dengan budget juga, tentu berbeda dengan yang mampu,” ujar Michael Lengkong, warga Manado yang tinggal di Bekasi, kepada Cendana News, Sabtu (26/12/2020).

Michael Lengkong, warga Bekasi asal Manado – Foto M. Amin

Lengkong menyebut, Natal tahun ini keluarganya membuat hidangan sederhana, dengan menyajikan Ikang Tuna Garo Rica Mantah, dipadu dengan menu olahan khas Manado lainnya. Menu Garo Rica sebenarnya mudah dalam pembuatannya. “Ikang Tuna Garo Rica Mantah, itu salah satu masakan Khas Manado, dengan rempah seperti Cabe (rica bahasa manado), tomat, bawang, jahe dan daun jeruk. Diolah, secara khas Manado,” jelasnya.

Uniknya, masakan olahan khas Manado tersebut tidak mesti harus ikan. Tapi bisa diganti dengan ayam. Di Manado, ikan laut segar mudah ditemui, tetapi di Bekasi harus pesan khusus untuk mendapatkan ikan laut yang segar, sehingga sering diganti ayam. “Letak rasanya pada olahan rempah khas Manado. Jadi meskipun di ganti dengan ayam, tidak ikan maka rasanya bisa menyesuaikan,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, masakan khas Manado seperti rica, sebenarnya bisa menjadi menu kuliner pilihan saat libur panjang seperti sekarang. Hidangannya cenderung tahan lama dan tidak mudah basi. Sehingga cocok menjadi pilihan agar tetap berada di rumah, karena makanannya bisa tahan lama. Bisa menjadi persediaan, agar tidak sering keluar rumah. Terlebih saat ini di Bekasi ada aturan, warung kuliner hanya bisa buka hingga pukul 19.00 WIB selama Natal dan tahun baru.

Norton, warga asal Sumatera Utara di Bekasi, di perayaan Natal tahun ini tidak memiliki menu khusus. Ia hanya menyajikan Kue Kampar khas Tapanuli. “Kue biasa saja, tapi di Tapanuli ini khas yang biasa disajikan saat Natal, kuenya Lamper berbentuk Limas,” tandasnya.

Lihat juga...