INDEF: Target Pertumbuhan Ekonomi Lima Persen Sulit Dicapai

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) memproyeksi pemulihan ekonomi pada 2021 sulit tercapai sesuai target pemerintah di angka 5 persen.

Direktur eksekutif INDEF, Tauhid Ahmad, menegaskan, pemerintah perlu kerja keras untuk dapat mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen yang telah ditetapkan.

“Target 5 persen di 2021 sulit dicapai karena indikator ekonomi masih menunjukkan adanya tekanan yang berat dampak Covid-19,” ujar Tauhid, pada diskusi webinar ketahanan ekonomi dan kesehatan di Jakarta, Jumat (25/12/2020).

Adapun salah satu dampaknya, jelas dia, adalah tingkat inflasi yang masih di kisaran angka 1,59 persen year on year (yoy) pada November 2020.

“Angka ini masih jauh dari target pemerintah sebesar 3 persen, yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020,” tukasnya.

Menurunnya inflasi tersebut disebabkan oleh rendahnya daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Hal ini tentu menurutnya, sangat berdampak kepada pertumbuhan ekonomi nasional.

Lihat juga...