Januari Disdik Kota Bogor Verifikasi Persiapan Sekolah untuk PTM

SMP Negeri 2 Selopampang Kabupaten Temanggung, melakukan simulasi pembelajaran tatap muka di sekolah dengan protokol kesehatan ketat, Senin (26/10/2020) – Foto Ant

Fahrudin menyebut proses dan prosedurnya adalah, Dinas Pendidikan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan menyampaikan formulir daftar periksa. Sekolah-sekolah diminta menyiapkan fasilitas protokol kesehatan serta sarana dan prasarana lainnya. Penyiapan fasilitas dengan menyediakan petugas melakukan pengecekan temperatur tubuh siswa, menyediakan tempat cuci tangan dengan air dan sabun, hand sanitizer, menyiapkan masker. Sekolah juga menyiapkan sarana ruang kelas dengan meja dan kursi yang berjarak minimal satu meter.

Menurut Fahrudin, sekolah yang fasilitas protokol kesehatan maupun sarana dan prasarananya dinyatakan siap, harus mendapat persetujuan dari Komite Sekolah dan orang tua siswa, ketika akan menjalankan PTM. “Persetujuan ini dari masing-masing orang tua. Kalau ada orang tua yang tidak mengizinkan anaknya mengikuti PTM, kata dia, tidak bisa dipaksa, karena siswa masih bisa belajar online dari rumah,” katanya.

Setelah semua persyaratan dinilai terpenuhi dan ada izin dari Komite Sekolah serta orang tua siswa, baru kemudian diusulkan kepada wali kota, untuk mendapat izin apakah sudah bisa melaksanakan PTM atau belum. Fahrudin menambahkan, pelaksanaan PTM tidak dilakukan sekaligus. Tetapi bertahap, dan pola belajarnya kombinasi. Hanya dua hari per-minggu. “Misalnya, kelas tiga hari Senin dan Kamis, kelas dua hari Selasa dan Jumat, serta kelas satu hari Rabu dan Sabtu,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...