Jelang Nataru Harga Sembako di Madiun, Stabil

MADIUN  – Dinas Perdagangan Kota Madiun, Jawa Timur melakukan pemantauan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional di wilayah itu untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Madiun, Pundjung Wahono, di Madiun, Jumat, mengatakan berdasarkan pemantauan yang dilakukan timnya, harga-harga bahan pokok di daerah itu menjelang Natal dan Tahun Baru relatif stabil.

“Harga bahan pokok di pasar tradisional Kota Madiun sementara ini relatif stabil. Terdapat beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, seperti telur dan daging ayam potong, namun itu tergolong normal karena kenaikan hanya seribu atau dua ribu. Sehingga, secara umum harga cukup stabil untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Pemantauan harga tersebut dilakukan di beberapa pasar tradisional, yakni Pasar Besar Kota Madiun, Pasar Sleko, dan Pasar Srijaya.

“Harga di pasar pada dasarnya fluktuatif tergantung banyak tidaknya yang minat dan ada momentum hari perayaan apa. Kita selalu melakukan pemantauan tiap hari,” ungkapnya.

Selain kondisi harga yang relatif stabil, pihaknya juga memastikan bahwa stok kebutuhan pangan di pasaran aman. Untuk itu, Pemkot Madiun bekerja sama dengan instansi terkait seperti Bulog memantaunya.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tak perlu khawatir terhadap keberadaan komoditas pangan dan kebutuhan pokok di pasar.

Hal itu karena Dinas Perdagangan selalu melakukan pemantauan guna menjaga stabilitas harga, utamanya menjelang hari raya keagamaan dan Tahun Baru. (Ant)

Lihat juga...