Jepara Kini Miliki Alat Deteksi Gempa

JEPARA  – Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, saat ini dilengkapi dengan alat pendeteksi gempa bumi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menyusul peristiwa gempa bumi yang beberapa kali melanda daerah setempat.

“Kabupaten Jepara memang memiliki riwayat gempa bumi. Beberapa tahun terakhir juga tercatat beberapa kali terjadi gempa, termasuk di Kecamatan Donorojo pernah terjadi gempa yang sifatnya merusak, namun bukan berpotensi tsunami,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, Kusmiyanto di Jepara, Senin.

Ia memperkirakan potensi gempa bumi di Kabupaten Jepara cukup tinggi, sehingga oleh BMKG diberi alat deteksi gempa yang berada di tiga lokasi. Di antaranya di Kecamatan Donorojo yang dipasang tahun 2017 dan berfungsi untuk mengetahui kekuatan gempanya.

“Kemudian ditambah lagi alat deteksi gempa yang ditempatkan di kantor BPBD Jepara. Alat deteksi gempa yang kedua ditempatkan nempel di tembok bangunan kantor,” ujarnya.

Sementara alat deteksi gempa yang terbaru adalah accelerograph, dipasang di halaman kantor BPBD Jepara pada akhir November 2020.

Ketiga alat deteksi gempa tersebut, yakni seismograf, intensitimeter, dan accelerograph. Masing-masing alat saling terkait karena masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Lihat juga...