JK Diminta Presiden Afghanistan Mediasi Pertemuan dengan Taliban

JAKARTA — Presiden Republik Islam Afganistan Asraf Gani meminta Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) M Jusuf Kalla (JK) yang juga Wapres ke 10 dan 12 RI agar bersedia menjadi mediator perundingan pihaknya dengan kelompok Taliban.

Hal itu disampaikan Ashraf ketika bertemu JK untuk membahas solusi konflik Afganistan di Istana Kepresidenan Afghanistan, Kabul, Kamis (24/12) malam waktu setempat.

Rilis pers yang diterima di Jakarta, Jumat, Asraf optimistis konflik berkepanjangan antara pemerintah Afganistan dengan kelompok Taliban akan segera berakhir, disyaratkan pada kesediaan JK.

Menurut Ashraf, pengalaman JK dalam mendamaikan sejumlah konflik di Indonesia dapat juga diterapkan di Afganistan. Apalagi, posisi JK saat ini sebagai ketua DMI yang tentunya memiliki posisi dan pengaruh di mata ulama.

Menanggapi permintaan tersebut, JK menyatakan bersedia untuk menjadi mediator perundingan damai antara kubu Pemerintah dengan Taliban demi mengakhiri kekerasan yang terjadi di negara itu.

Dalam upaya perdamaian tersebut JK akan melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), untuk meminta Taliban agar bersedia berdialog dengan pemerintah Afghanistan.

Lihat juga...