Juan Pablo Montoya Reuni Dengan Mclaren di Indy 500

Pebalap gaek, Juan Pablo Montoya, saat melakoni latihan menjelang balapan Indy 500 2017, di Sirkuit Indianapolis Motor Speedway, Indianapolis, Amerika Serikat, pada 19 Mei 2017 – Foto Dok Ant

JAKARTA – Pebalap Juan Pablo Montoya, bakal melakoni reuni dengan McLaren, setelah memutuskan bergabung ke tim Arrow McLaren untuk ajang balap Indianapolis 500 tahun depan. Hal tersebut telah diungkapkan secara resmi oleh pihak klub pada Rabu (9/12/2020).

Joki berpengalaman berusia 45 tahun itu merupakan bagian klub eksklusif pebalap, yang pernah mengaspal di Formula 1, IndyCar dan NASCAR. Montoya bakal menjadi pebalap ketiga tim Arrow McLaren, yang juga berisikan pebalap Meksiko, ,Patrico O’Ward, dan pebalap Swedia, Felix Rosenqvist. “Saya sangat senang bergabung dengan Arrow McLean untuk Indy 500. Saya punya sejarah menyenangkan bersama McLaren di sirkuit F1 dan tak sabar untuk menambah kenangan baru tahun depan di Indianapolis 500,” ,” kata Montoya, dalam pernyataan resmi, Rabu (9/12/2020).

Montoya merupakan pebalap McLaren-Mercedes di F1 pada 2005 dan 2006. Di sepanjang karirnya, ia membukukan tiga dari tujuh kemenangan balapan F1. Sebelum debut di F1 pada 2001, Montoya sudah sempat lebih dulu tampil di Indy 500 setahun sebelumnya, dan membukukan kemenangan pertamanya, sebelum kembali meraih kemenangan 15 tahun berselang.

Selepas meninggalkan F1, Montoya fokus di NASCAR dan membalap selama sembilan musim, dengan catatan dua kemenangan lomba. Tahun lalu, Montoya berlaga di ajang balap IMSA SportsCar, di mana ia membantu Tim Penske meraih gelar juara. “Saya bahagia Juan bisa kembali bergabung ke keluarga McLaren, membela Arrow McLaren di Indy 500,” kata Ketua Umum McLaren Racing, Zak Brown.

“Ia seorang pesaing intens, pebalap serba bisa dengan pengalaman di berbagai ajang balap bergengsi. Bisa menggunakan jasanya di Indianapolis 500, akan menjadi kekuatan besar bagi tim kami, sekaligus pengalaman menyenangkan untuk para penggemar balap,” ujarnya melengkapi.

Montoya, terakhir kali membalap di Indy 500 pada 2017. Saat itu ia finis di urutan keenam klasemen akhir. Balapan Indy 500 tahun depan dijadwalkan berlangsung pada 30 Mei. (Ant)

Lihat juga...