Lebaran CDN

Jumlah Penumpang Libur Akhir Tahun Bandara Juanda Diperkirakan Mencapai 25 Ribu Orang

SIDOARJO – Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, memprediksikan, puncak arus penumpang libur akhir tahun di bandara setempat, akan menembus angka 25 ribu orang penumpang. Puncak tersebut diperkirakan terjadi pada 24 Desember 2020.

Humas Bandara Internasional Juanda Surabaya, Yuristo mengatakan, hingga November 2020, Bandara Juanda telah melayani enam juta orang penumpang. “Sementara sampai dengan pertengahan Desember, Bandara Juanda telah melayani sebanyak 18 ribu sampai dengan 19 ribu orang penumpang. Puncak pergerakan penumpang kami prediksi sejumlah 25 ribu penumpang pada 24 Desember 2020,” katanya di Sidoarjo.

Yusristo menyebut, pada periode Posko Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, di Bandar Udara Internasional Juanda diprediksi akan ada penurunan jumlah penumpang hingga 61,38 persen. Sementara untuk pergerakan pesawat akan mengalami penurunan 50,97 persen, jika dibandingkan periode natal dan tahun baru sebelumnya.

“Jika dibandingkan dengan periode Posko Nataru tahun lalu, kami memperkirakan akan terjadi penurunan jumlah pergerakan pesawat dan penumpang, karena memang kondisi trafik belum kembali normal seperti sebelum pandemi corona,” ujarnya.

Jika pada libur Natal akan mengalami puncak pada 24 Desember 2020, maka untuk libur tahun baru, puncak pergerakan pesawat diprediksi terjadi pada 1 Januari 2021. “Sementara untuk puncak pergerakan penumpang pada 30 Desember 2020,” ujarnya.

Namun demikian, Bandara Juanda merupakan salah satu bandara dengan trafik yang menunjukkan tren positif peningkatan jumlah pergerakan sejak Triwulan III Tahun 2020. “Mengantisipasi hal tersebut, kami telah melakukan serangkaian pertemuan bersama instansi terkait guna pemantapan pelayanan kepada pengguna jasa selama periode Posko. Hal-hal terkait protokol kesehatan yang selama ini telah berjalan tetap kami laksanakan secara konsisten,” ucapnya. (Ant)

Lihat juga...